Home TANGERANG HUB KPP Perjuangkan Kesetaraan Gender

KPP Perjuangkan Kesetaraan Gender

0
SHARE
Ketua KKP Provinsi Banten, Sri Hartati (dua dari kiri) tengah memberikan sambutan diacara penguatan kapasitas KKP dan KKPI, yang digelar di Ruang Al Amanah Puspemkot Tangerang, Selasa (28/9/2021).

KOTA TANGERANG – Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Banten mendorong Sri Hartati melakukan roadshow ke kota dan kabupaten untuk menguatkan penguatan konsolidasi jejaring perempuan. Hal ini guna melahirkan bibit keterwakilan perempuan untuk memenuhi kuota 30 persen di parlemen.

“Kami road show di kota dan kabupaten, sekaligus pelantikan pengurus baru di wilayah Kota Tangerang,” ujar Sri Hartati yang juga anggota DPRD Provinsi Banten, Selasa (28/9).

Sri mengharapkan setelah dilantiknya KPPI dan KPP Kota Tangerang, mampu membawa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ramah perempuan. Menurut Sri, KPPI dan KPP Kota Tangerang mampu memperjuangkan hal tersebut seperti yang dilakukan KPP Provinsi Banten.

Sri menuturkan, hingga saat ini keberpihakan terhadap perempuan belum berjalan maksimal. Untuk itu, diharapkan anggota wakil rakyat yang perempuan kedepan mampu merebut kebijakan yang ada agar juga mewakili suara perempuan. Saat ini perempuan yang mengisi kursi DPRD Provinsi Banten sebanyak 15 dari 85 orang, sementara di Kota Tangerang sendiri perempuan yang mengisi kursi dewan sebanyak 6 dari 50 anggota dewan. Pihak KPP terus mendorong dan mampu mencetak kader perempuan untuk mengisi kursi dewan untuk menyejahterakan rakyat dan mampu bekerja untuk kepentingan perempuan di dalam parlemen.

“Pastinya anggota-anggota DPRD Kota Tangerang perempuan harus ada yang di badan anggaran untuk bagaimana membuka rancangan APBD ke APBD untuk bisa ramah ke perempuan,” kata Sir politisi dari PDI-Perjuangan.

Sri menambahkan, SKPD di Kota Tangerang juga diharapkan ramah terhadap perempuan. Setiap sisi-sisi kepentingan rakyat pasti ada kepentingan perempuan yang dikhususkan dalam konteks kesejahteraan rakyat.

Senada dikatakan Ketua KPPI Provinsi Banten, Encop Sovia berharap KPPI bisa menjadi jembatan pada setiap partai untuk menjadi bibit perempuan yang potensial. Pihaknya juga mendorong partai politik parpol) untuk memperkuat kader perempuan.

“Kita sebenarnya lebih mendorong dan memberikan vitamin. Karena seluruh partai politik itukan sudah melakukan penguatan. Hadirnya KPPI ini lebih pada ke jejaring antar partai dengan isu yang sama yaitu menegakkan keadilan gender,” tandas Encop.

Menurut Encop, untuk menegakkan keadilan gender itu harus dilakukan bersama-sama dan harus dilakukan koalisi antar parpol. “Tanpa koalisi kita memperjuangkan kesetaraan gender susah, tidak bisa,” tukasnya.

Encop berharap KPPI ini menjadi wadah perempuan menuju parlemen agar terbiasa berkoalisi untuk memperjuangkan gender. Dengan demikian maka potensi perempuan di Provinsi Banten ini akan terwujud dengan sendirinya.

“Kami yakin potensi prempuan di Kota Tangerang lebih responsif. Kedepan KPPI maupun parpol sudah bisa menggiring perempuan yang potensinya lebih dari enam, apalagi mencapai 30% atau lebih itu sangat luar biasa,” pungkasnya. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here