SHARE
Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo siang ini akan menghadapi Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan).

AARHUS–Indonesia akan menjalani partai pemungkas pada fase penyisihan grup A Piala Thomas hari ini (13/10). Hendra Setiawan dkk dihadang Taiwan dalam laga yang berlangsung di Ceres Arena tersebut.

Dalam klasemen sementara, Indonesia memimpin grup A dengan dua poin. Lalu di bawahnya ada Thailand, Taiwan, serta Aljazair di juru kunci. Untuk bisa lolos ke perempat final, Indonesia harus menang dengan skor berapa pun melawan Taiwan.

Yang menarik, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan menghadapi Lee Yang/Wang Chi-Lin. Itu sebenarnya kesempatan The Minions (julukan Marcus/Kevin melampiaskan balas dendam, setelah dikalahan Lee Yang/Wang Chi-Lin di perempat final Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Namun, Marcus/Kevin juga belum menemukan performa terbaik mereka. Mereka belum beradaptasi dengan tipe shuttlecock yang lebih berat selama di Eropa.
Kabidbinpres Rionny Mainaky menilai, tipe permainan Lee/Wang tidak secepat saat Olimpiade Tokyo 2020. ’’Dengan bola yang lambat, tidak mungkin lawan akan terus mengandalkan kekuatan dan kecepatan. Kami harus meredam dengan mengajak main lambat,’’ ujar Rionny.

Di partai tunggal pertama, diperkirakan peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 Anthony Sinisuka Ginting akan berjibaku dengan wakil Taiwan Chou Tien Chen. Keduanya memiliki rekor head-to-head yang sama kuat, 6-6. Namun, pada dua pertemuan terakhir, Ginting kalah.

Performa Ginting juga belum stabil dalam kejuaraan beregu. Dia gagal menyumbang angka tiga kali beruntun. Ginting kalah oleh Anders Antonsen, Lee Zii Jia, dan Kantaphon Wangcharoen.

Begitu juga dengan Jonatan Christie. Peraih emas Asian Games 2018 itu kalah oleh Kunlavut Vitidsarn. Untung, Shesar Hiren Rhustavito mampu menyumbang poin penentu kemenangan Indonesia 3-2 atas Thailand di Ceres Arena, Aarhus, pada Senin (11/10).

Rionny menyatakan, dua tunggal putra dalam pertandingan terakhir kalah karena kurang sabar dan ulet. ’’Fisik dan kebugaran mereka baik. Kurang menjaga tempo permainan. Ini yang harus diperbaiki pada pertandingan selanjutnya,’’ kata Rionny dalam keterangan resminya kemarin.

Hari ini Jojo (sapaan Jonatan Christie) akan menghadapi Wang Tzu Wei. Namun, Jojo punya rekor tidak menyenangkan melawan pemain ranking ke-11 dunia itu. Di antara sembilan pertemuan, dia kalah enam kali. ’’Tidak mudah memang menghadapi Taiwan. Kami harus kerja keras dan menerapkan strategi yang tepat untuk mengalahkan mereka,’’ kata Manajer Eddy Prayitno.

Celah lain ada pada pemain ganda kedua serta tunggal ketiga. Saat Taiwan vs Thailand lalu, Chou Tien Chen dkk memang unggul dua pertandingan awal. Namun, mereka kehilangan poin pada tiga partai berikutnya. Vito (sapaan Shesar Hiren Rhustavito) dan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto punya rekor bagus menghadapi calon lawannya.

’’Di atas kertas, memang tidak mudah di dua nomor awal. Tetapi, di pertandingan bulu tangkis, semua serbamungkin dan tidak ada yang mustahil,’’ ucap Eddy. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here