SHARE
Mobil angkutan kota bergaya retro Si Benteng menjadi sarana transportasi warga yang nyaman dan aman. FOTO: Ist

TANGERANG – Hadirnya angkot Si Benteng di Kota Tangerang, membuat mudah masyarakat dalam menjalankan aktivitas yang ingin keluar rumah tanpa kendaraan pribadi. Karena, angkot Si Benteng bisa diakses di permukiman warga dan mudah dijangkau.

Bahkan, adanya Si Benteng menjadi moda transportasi yang diperuntukkan masyarakat menggunakan angkutan umum. Karena kedepan di Kota Tangerang, transportasi akan terintegrasi dengan fasilitas umum dan juga transportasi lainnya.

Kepala Bidang Angkutan Bambang Dewanto mengatakan, angkot Si Benteng saat ini memang masuk dalam permukiman warga. Karena, adanya Si Benteng untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan transportasi.

“Sejak awal, memang sudah masuk ke permukiman warga. Hal tersebut, untuk memudahkan masyarakat untuk naik angkutan umum. Apalagi, saat ini sudah ada 4 penambahan trayek dan totalnya ada 8 trayek,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di ruang kerjanya, Selasa (12/10).

Bambang menambahkan, bahwa saat ini Si Benteng sudah digratiskan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sampai akhir tahun, yang sebelumnya bertarif Rp 2.000 untuk semua jurusan.

“Kenapa Si Benteng sempat sepi, karena adanya aturan PPKM dan kondisinya sangat bahaya dengan status Covid-19 yang tinggi. Setelah ini, Si Benteng bisa digunakan masyarakat karena kasus Covid-19 sudah landai,”paparnya.

Ia menjelaskan, Si Benteng ini juga sudah diatur untuk tetap berjalan walaupun penumpang sepi. Karena, dalam aturan Si Benteng memang tidak boleh menargetkan setoran. Hanya untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Seluruh supir Si Benteng tidak boleh ngetem, jika diwaktu padat paling lama berhenti selama 10 menit jika tidak padat hanya 15 menit. Artinya, kita kedepankan pelayanan masyarakat,”ungkapnya.

Bambang menuturkan, jumlah Si Benteng ada 80 unit, dengan kondis trayek yang ada Si Benteng dibagi menjadi 9 unit untuk masing trayek. Kedepannya, akan ada di seluruh wilayah yang ada di Kota Tangerang.

“Adanya Si Benteng juga untuk mengurangi kemacetan, karena Si Benteng terkoneksi dengan Bus Tangerang Ayo dan stasiun yang ada di Kota Tangerang. Dan itu, membuat mudah masyarakat,”tutupnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here