SHARE
Bupati A.Zaki Iskandar (kanan) bersama istri, Yuli Iskandar memanen udang vaname di Kawasan Taman Mangrove Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, kemarin. Panen udang ini hasil dari program Gerakan Membangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan).

MAUK–Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar memanen ribuan udang jenis vaname di Kawasan Taman Mangrove Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, kemarin. Panen raya tersebut sebagai puncak perayaan HUT Kabupaten Tangerang ke 389 tahun.
Bang

Zaki (sapaan A.Zaki Iskandar) mengatakan, panen raya udang sebagai bentuk capaian program Gerakan Membangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) sebagai upaya pemerintah menuju pesisir sejahtera.

Bang Zaki mengungkapkan, program Gerbang Mapan bukan saja penataan kawasan pemukiman. Namun lengkap dengan sanitasinya. Termasuk, perekoniman masyarakat dan konversasi lingkungan. Di mana di kawasan Ketapang ada tempat untuk penyemaian, pembibitan dan pembesaran udang dari magrove. Dilengkapi tambak ikan dan udang.

Lanjut Bang Zaki, ke depan masih ada satu tahun lagi program bersama sampai 2022 untuk pembangunan pusat pusat perekonomiannya. “Selain kawasan perumahan pemukiman nanti juga akan dibangun pasar ikan, tempat kuliner dan koperasi,” ujarnya.

Ia berharap ini menjadi percontohan dari program Gerbang Mapan yang seutuhnya. Karena di Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk ini masyarakatnya dilakukan pemberdayaan dan juga pembangunan secara layak seperti, pembangunan rumah layak huni bagi nelayan, dan warga sekitar, kawasan konservasi hutan mangrove, kawasan pembibitan dan budidaya udang vaname dan ikan, kawasan wisata, jadi masyarakat bisa memanfaatkan banyak dari pembangunan di Ketapang ini,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Pelaksana HUT Kabupaten Tangerang ke-389 Tahun Soma Atmadja mengungkapkan, Gerbang Mapan merupakan momentum kebangkitan upaya pemulihan ekomoni masyarakat pesisir. “Kami berharap hasil pembangunan ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir lebih sejahtera,” katanya.
Menurutnya selain pembangunan sarana dan prasana infrakstuktur diantaranya saluran air, jalan, sepiteng komunal, sarana air bersih, pengembangan jaringan air minum, bedah rumahdan pembangunan unit rumah baru wilayah. Lalu, pendiran koperasi ketapang sejahtera, bantuan sarana dan prasana pengolahan dan perikanan.

“Dengan momentum peringatan Hut Kabupaten Tangerang ke-389 dan dengan adanya program Gerbang Mapan menuju pesisir yang lebih sejahtera ini bisa meningkatkan kembali perekonomian masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya, di wilayah Ketapang Mauk,” katanya. (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here