SHARE
USAHA: Produk UMKM Kabupaten Tangerang akan diekspor ke 6 negara. FOTO: Humas Pemkab Tangerang

PASAR KEMIS – Melalui Koperasi Pakem Berkah Bersama, hasil produksi UMKM di Kabupaten Tangerang seperti sambel pecel dan aneka keripik dengan merek brand ISSHO akan mendapatkan kesempatan eksport di enam negara bersama konsultan bisnis KPBB dan Pembinaan dari Dinas terkait.

“Brand yang memiliki nama ISSHO tersebut, awal dibentuknya dari keputusan bersama dengan teman-teman UMKM di Kecamatan Pasar Kemis,” ucap Kristin, Ketua UMKM di Pasar Kemis.

“Merk ISSHO ini kami buat dalam keputusan bersama. ISSHO dalam bahasa jepang adalah kebersamaan. Karena kami membentuk koperasi ini dengan teman-teman, maka ada kebersamaan itu, jadilah merknya ISSHO,” ucapnya.

Koperasi Pakem Berkah Bersama ini, berada di Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten. Sebanyak 174 UMKM juga telah menjadi anggota koperasi ini. Dalam pemasarannya, Koperasi Pakem Berkah Bersama sudah melakukan melalui online dan offline. Beberapa kerjasama juga sudah terjalin ke beberapa instansi hingga BUMN.

“Untuk produk yang kita miliki ada beberapa klasterisasi seperti, b, craft, alas kaki, kuliner, dan jasa. Hal ini nantinya akan berkembang ke logistik dan juga pengolahan proses produksi dengan trading,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, Koperasi PBB ini bekerja sama dengan Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Tangerang dan juga dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang dalam hal legalitas. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here