SHARE
RAPAT PILKADES: Rapat penetapan waktu pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Serang, yang melibatkan unsur DPRD Kabupaten Serang dan TNI/Polri dipimpin langsung Ketua Panitia Pilkades serentak tingkat Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, di aula Syamun, Rabu (13/10). FOTO: Agung Gumelar/Banten Ekspres

SERANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah menyepakati waktu pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Serang akan digelar pada 31 Oktober 2021, meskipun Kabupaten Serang masih masuk level tiga penyebaran Covid-19.

Keputusan itu telah ditetapkan dalam rapat penetapan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Serang, yang melibatkan unsur DPRD Kabupaten Serang dan TNI/Polri, di Aula Syamun, Rabu (13/10).

Ketua Panitia Pilkades serentak tingkat Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pelaksanaan Pilkades. Dalam surat itu, Kemendagri memperbolehkan pelaksanaan Pilkades serentak seluruh kabupaten kota di Provinsi Banten, meskipun masuk level tiga penyebaran Covid-19.

“Karena level tiga yang sekarang itu berkaitan dengan vaksinasi, bukan penyebarannya. Sedangkan tingkat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Serang ini sebenarnya sudah menurun, kemudian bor di rumah sakir juga ini sudah menurun,” katanya kepada wartawan.

Entus yang juga merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang mengatakan, sudah dipastikan tidak ada lagi penundaan atau pengunduran jadwal pelaksanaan Pilkades serentak. Kecuali, ada kebijakan baru dari pemerintah pusat yang merubah pelaksanaan Pilkades serentak.

“Tapi sepanjang itu tidak ada, kita putuskan di tanggal 31 Oktober, tidak akan ada perubahan lagi dan kita tidak akan menunda lagi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, penyelenggaraan Pilakdes pada 31 Oktober sudah memenuhi semua undur melalui dari tahapan penyelenggaraannya maupun regulasinya, hanya tinggal tahapan pemungutan suara dengan ketentuan penerapan disiplin Prokes ketat.

“Kita harapkan semua menyikapi secara arif, karena situasi sekarang masih level tiga, seluruh OPD juga kita berikan kewajiban untuk monotoring, karena kita ingin Pilakdes ini kondusif dilaksanakan di situasi pandemi tetap sehat tetap kondusif tidak terjadi gejolak sosial,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, penetapan pelaksanaan Pilkades sudah tiga kali ditentukan, namun selalu diundur kembali. Bermula, Pilkades dilaksanakan pada 11 Juli diundur menjadi 8 Agustus dan terakhir 31 Oktober.

“Kita pastikan tidak ada pengunduran lagi, sekarang sudah ditetapkan 31 Oktober pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Serang,” katanya. (mg-7/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here