SHARE
Bagus Kahfi

Timnas Indonesia U-23 harus menembus tembok tebal untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan. Sebab, skuad Garuda harus bisa melewati hadangan Australia dalam pertandingan dua leg hari ini dan Jumat (29/10). Dua laga tersebut berlangsung di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan.

Indonesia hanya akan melawan Australia di grup G setelah Brunei Darussalam dan Tiongkok mengundurkan diri. Pelatih timnas Shin Tae-yong (STY) menyebutkan, mundurnya dua negara tersebut justru bukan sebuah keuntungan. ’’Kami akui Australia tim yang kuat. Tetapi, kalau kami kerja keras dan percaya diri, pasti akan dapat hasil terbaik. Kami harus mengalahkan Australia,’’ katanya dalam keterangan resmi kemarin.

STY mengungkapkan, saat ini kondisi pemain sangat baik dan siap tempur menghadapi Australia. ’’Kami mempersiapkan semuanya dengan baik dan datang lebih cepat ke sini,’’ ucapnya.

Sebelum menghadapi Australia, timnas berkesempatan menjajal Tajikistan dan Nepal. Dua laga tersebut berhasil dimenangkan Rachmat Irianto dkk. Pertama unggul 2-1 atas Tajikistan (19/10) dan menang 2-0 kontra Nepal tiga hari setelahnya.

“Pelatih terus memberikan materi pematangan taktik dan strategi kepada kami jelang melawan Australia. Seusai melakoni dua uji coba, kami terus fokus dan kerja keras demi meraih hasil terbaik melawan Australia,” kata gelandang timnas U-23, Muhammad Kanu Helmiawan seperti dikuti PSSI. Pemain asal klub Persis Solo tersebut pada uji coba melawan Nepal, diplot STY menjadi kapten timnas U-23. Kanu pun sangat bangga dan kaget mendapat kepercayaan dari pelatih.

“Saya sangat senang menjadi kapten pada laga uji coba tersebut. Ini menjadi tambahan motivasi saya. Yang jelas tim masih ada kekurangan masih ada perbaikan. Seperti transisi, penempatan posisi dan lain-lain,” imbuh pemain kelahiran 27 April 2001 tersebut. Bila mampu melewati Australia, Indonesia dipastikan lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022 yang rencananya akan dihelat di Uzbekistan. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here