Home ADVERTORIAL Peringati Sumpah Pemuda Ke-93, Gubernur WH dan Wagub Andika Beri Bonus Rp...

Peringati Sumpah Pemuda Ke-93, Gubernur WH dan Wagub Andika Beri Bonus Rp 11,1 Milyar ke Altet Peraih Medali PON XX

0
SHARE

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dan Wakil Gubernur Andika Hazrumy hadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 di di Hotel Wira Carita, Kabupaten Pandeglang, Kamis (28/10/2021). Pada momentum tersebut, WH – Andika memberikan apresiasi terhadap para pemuda berprestasi. Salah satunya, memberikan bonus kepada peraih medali pada PON XX di Papua. Tidak tanggungtanggung, total bonus mencapai Rp11,1 miliar.

Pada PON XX di Papua kontingen Provinsi Banten menempati posisi ke-14 secara nasional dengan perolehan medali 10 Medali emas, 15 Medali Perak dan 26 Medali Perunggu. Untuk peraih medali emas mendapatkan bonus sebesar Rp 200 juta, medali perak sebesar Rp 150 juta, serta medali perunggu sebesar Rp 75 juta. Selain atlet, Pemprov Banten juga memberikan bonus untuk pelatih, manajer dan pembantu umum.

Provinsi Banten berhasil membawa pulang 16 medali, diantaranya 10 medali emas dalam cabang olahraga layar kelas RS one putra dan marathon rs one putra, catur kelas catur kilat, muaythai kelas 51 kg, terbang layang kelas precision landing dual seater, angkat besi kelas 73kg putra, gulat kelas 68kg putri, atletik kelas sapta lomba putri, paralayang kelas KTM tandem perorangan putra. Dilanjut 2 medali perak dalam cabang olahraga paralayang kelas KTM solo perorangan putra dan atletik kelas lompat jangkit. Terakhir 4 medali perunggu dalam cabang olahraga catur kelas catur cepat dan catur standar, paralayang kelas KTM tandem beregu putra, dan karate kelas kata perorangan putri.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur WH mengatakan, pemuda memiliki peran penting. “Generasi muda harus memiliki semangat tinggi untuk membangun. Memiliki semangat untuk mewarisi nilai-nilai yang diwariskan generasi sebelumnya. Khususnya semangat dalam membangun serta menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Gubernur WH.

Gubernur WH juga mengaku optimis bahwa generasi muda saat ini sudah mampu bersaing, khususnya di bidang teknologi informasi. Hal itu bisa dilihat dari karya-karya pemuda saat ini.

Sementara itu, Wagub Andika mengajak seluruh pemuda Banten untuk terus menjaga persaudaraan dan berkarya memberikan kontribusi terbaik dan membanggakan bagi Provinsi Banten dan Indonesia. Hal itu sudah dibuktikan dengan diraihnya banyak prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON), Pekan Olahraga Tradisional Nasional (POTRADNAS) dan bidang lainnya sepanjang tahun ini.

Wagub Andika menyatakan bahwa esensi paling utama dari butir-butir sumpah pemuda adalah persaudaraan. Selanjutnya, adalah bagaimana pemuda dapat memberikan kontribusi terhadap negara sebagai generasi muda, serta harus memiliki wawasan kebangsaan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pemuda Banten sudah membuktikan itu semua dan harus selalu dijaga. Sebagai pemuda harus punya wawasan kebangsaan untuk menjaga NKRI. Pemuda Banten harus bisa bersatu dan memberikan yang terbaik untuk Banten yang kita cintai,” tutur Wagub.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten Ahmad Syaukani melaporkan kegiatan peringatan Sumpah Pemuda tahun ini diisi dengan Diskusi dan Workshop Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, Paskibraka, dan Pemuda Pelopor baik tingkat Provinsi maupun Nasional dan pelatihan kewirausahaan muda. Rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dan berjalan pada bulan Oktober 2021.

“Dan pada kesempatan acara puncak HSP Tahun 2021 ini juga akan diberikan penghargaan untuk pemuda Banten yang telah mengikuti berbagai event baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Di antaranya raihan medali dalam kegiatan PON XX pada tanggal 2 – 16 Oktober 2021 di Papua adalah 10 Medali emas, 15 Medali Perak dan 26 Medali Perunggu dan Provinsi Banten menempati peringkat 14 dari 34 Provinsi. Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada tim POTRADNAS yang berlaga sejak tanggal 21 – 24 Oktober di Bangka Belitung dengan mempertahankan raihan juara umum. Untuk perolehan medalinya yaitu 2 Medali Emas, 1 Medali Perak, dan 1 Medali Perunggu dari 5 Cabor yang diperlombakan,” ungkap Oni. (Adv – Biro Adminsitrasi Pimpinan Setda Provinsi Banten)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here