SHARE
Yandi Sofyan saat berkostum Timnas U-19. Kini ia memperkuat Persikota di Liga3 Zona Banten.

Persikota bersiap mengarungi kompetisi Liga 3 Zona Banten. Senin (1/11) Walikota Tangerang Arief R Wismansyah melepas skuad Persikota. Persaingan sangat ketat. Banyak klub baru yang bermunculan. Persikota harus bersaing dengan 22 klub di Zona Banten. Untuk mengejar target masuk ke Liga 2, Persikota menggaet mantan pemain nasional, Yandi Sofyan Munawar.

Pria 29 tahun asal Garut itu resmi masuk skuad ‘Bayi Ajaib’. Yandi di era 2009-2010 sempat populer. Ia masuk skuad Timnas U-19. Lalu pada 2013-2015, lolos seleksi masuk Timnas U-23. Adik kandung mantan pemain Persita Zainal Arief ini, pernah melalangbuana bermain di klub sepakbola di Belgia, Vise selama setahun, 2011-2012. Di klub domestik memperkuat Arema Cronus dua tahun, 2012-2014 dan hanya bermain 8 laga. Lalu bermain di Brisbane Roar FC Youth, Australia, sebagai pemain pinjaman pada 2013–2014.

Ia lantas kembali ke Indonesia dan memperkuat Persib Bandung 2014 hingga 2016. Dua tahun bermain di Persib, dari 12 kali main, Yandi mencetak 1 gol. Saat berkiprah di Bali United pada 2016-2018, ia mencetak 1 gol dari 21 kali main. Di Persikota, Yandi mulai bergabung pada Juli lalu. Istri dari mantan pemain proliga voli Pungky Afriecia ini akan diplot sebagai striker.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah berharap, Persikota kembali menjadi ‘Bayi Ajaib’. Ia memaparkan, Persikota di era 2000an sempat menikmati kejayaannya. Belum lama didirikan langsung bisa menembus kasta teratas sepakbola nasional waktu itu. Sehingga disematkan julukan Bayi Ajaib. Selain itu, juga mempunya suporter fanatik. Seiring perjalanan waktu, pemerintah pusat membuat aturan, pemerintah daerah tidak boleh lagi mendanai klub sepakbola. Hal ini membuat Persikota pun terseok-seok akibat krisis finansial. Hingga akhirnya terjerembab ke Liga 3, kasta terendah kompetisi sepakbola Indonesia.

“Kalau melihat sejarah karena Persikota dulu begitu cepat karirnya naik sehingga dijuluki Bayi Ajaib, kita ingin hal itu bisa terulang kembali,” kata Arief di depan pemain Persikota. Liga 3 Zona Banten semula akan digelar 2 November di Stadion Krakatau Steel, Cilegon Banten.

Arief menegaskan masyarakat Kota Tangerang ingin Persikota bisa membawa kembali berjaya. Ia berharap Liga3 ini menjadi momentum pembuktian, Persikota bisa melakukan yang terbaik untuk diri sendiri, tim dan masyarakat Kota Tangerang.

“Saatnya kita bangkit, saatnya kita tunjukan bahwa Persikota masih menjadi Bayi Ajaib,” tegas Arief penuh semangat.(ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here