SHARE
PEMERIKSAAN: Petugas saat memeriksa timbangan milik Pedagang di Pasar Rangkasbitung, Senin (15/11). FOTO: Ahmad Fadilah/Banten Ekspres

LEBAK-Guna memberikan rasa aman kepada konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak memeriksa kelayakan alat timbang milik perdagangan, jasa pengiriman dan beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berada di seluruh Kabupaten Lebak.

Kepala Bidang Metrologi pada Disperindag Lebak Agus Reza mengatakan, pemeriksaan kepada alat timbang atau ukur tersebut sesuai amanat Undang-Undang nomor 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal dan Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 26 tahun 2017 tentang pengawasan Metrologi Legal.

“Biar konsumen aman ketika bertransaksi, dan mendapatkan barang dagangan yang mereka inginkan sesuai dengan uang yang dikeluarkan,” kata Agus Reza kepada Banten Ekspres, Senin (15/11).

Kata Agus, dalam pemeriksaan kali ini pasar Rangkasbitung dan pasar Tradisional di Desa Citeras yang menjadi sample untuk dilakukan pemeriksaan. Kata dia, hasil pemeriksaan dikedua pasar tersebut petugas tidak menemukan kecurangan timbangan yang dilakukan oleh para pedagang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu berbelanja di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Saat melakukan pemeriksaan pun kata Agus, pihaknya didampingi oleh pengawas Kemetrologian Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI. Hal tersebut dilakukan agar pemeriksaan berlangsung secara benar dan tidak ada unsur main mata antara pedagang dengan pihak Dinas.

“Alhamdulillah tidak ditemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh para pedagang. Karena setiap timbangan yang diperiksa benar-benar berfungsi dengan baik, dan tidak diakali sama sekali,” ucap Agus.

Begitu pula hasil pemeriksaan milik beberapa jasa pengiriman dan SPBU di Lebak, petugas pun tidak menemukan adanya kecurangan. Sehingga, Agus mengharapkan masyarakat tidak merasa khawatir.

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Lebak Orok Sukmana membenarkan, pihaknya melalui bidang Metrologi melakukan pemeriksaan kepada timbangan milik para pedagang, jasa pengiriman dan SPBU. Kata dia, hasil pemeriksaannya tidak ditemukan adanya kecurangan dalam timbangan.

“Kegiatan pemeriksaan ini kita lakukan rutin sepanjang tahun, untuk memastikan tidak ada yang berubah setelah pemeriksaan,” ucapnya. (mg-5/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here