Home TANGERANG HUB Disnaker Siapkan Aplikasi Virtual Job Fair

Disnaker Siapkan Aplikasi Virtual Job Fair

0
SHARE

SERPONG-Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangsel mempersiapkan pelaksanaan job fair. Namun, job fair yang akan digelar berbeda dari biasanya, yakni akan dilakukan secara online.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel, Yanti Sarie mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan aplikasi untuk virtual job fair yang akan dilaksanakan tidak lama lagi. “Aplikasinya sedang kita siapkan dan dalam waktu dekat, job fair virtual akan kita lakukan,” ujarnya Tangerang Ekspres, Selasa (23/11).

Yanti menambahkan, virtual job fair itu nantinya pekerja, pengusaha bertemunya secara online atau di aplikasi. Baik mendaftar, wawancara dan lainnya. “Mudah-mudahan sebelum HUT ke-13 Kota Tangsel aplikasi ini sudah selesai,” tambahnya.

Menurutnya, perusahaan-perusahaan yang membutuhkan ruang kerja silahkan mendaftar dan sampai saat ini sudah ada belasan perusahaan yang akan bergabung. Perusahaan yang mau daftar silahkan masuk dan pencari pekerja silakan daftar. “Job fair terakhir kita laksanakan pada 2019 dan hanya satu kali. Tahun 2020 gak ada karena pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Yanti menambahkan, tahun ini ada perusahan dan kampus yang mengadakan job fair, seperti Unpam dan itu tentunya berkolaborasi dengam Disnaker. “Job fair Unpam sifatnya hybrid, ada yang offline dan online. Nanti puncaknya di HUT Tangsel,” tutupnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel Sukanta mengatakan, untuk membantu masyarakat yang terkena PHK pihaknya akan segera mengadakan job fair. “Dalam waktu dekat kita akan mengadakan fob fair secara online dan saat ini sedang kita siapkan semuanya,” ujarnya.

Sukanta berharap, launching job fair dapat dilaksanakan dalam rangkaian HUT ke-13 Kota Tangsel 26 November mendatang. “Saya berharap Kominfo bisa memfasilitasi internet yang kita perlukan. Job fair tahun ini belum pernah kita lakukan, demikian tahun lalu juga ga ada lalu karena anggaran direfocusing untuk penanganan Covid-19,” tambahnya.

Menurutnya, job fair online merupakan ide bagus, perusahaan-perusahaan yang akan terlibat nantinya diharapakan mengisi form bahwa mereka menerima pegawai, jumlahnya berapa, latar belakang dan lainnya. Masyarakat juga demikian, melamar juga dilakukan secara online.

“Termasuk tes dan lainnya juga dilakukan secara online. Nanti setiap perusahaan kita buat satu pintu, begitu mereka menerima lowongan dia wajib melapor ke Disnaker dan ini sesuai aturan yang ada,” jelasnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here