Home ADVERTORIAL Membentuk Karakter Siswa Melalui Prakerin Jurusan ATPH

Membentuk Karakter Siswa Melalui Prakerin Jurusan ATPH

0
SHARE
MEMINDAHKAN BIBIT: Sejumlah siswi SMKN 2 Kabupaten Tangerang, sedang memindahkan bibit cesin dari tempat persemaian di lokasi Prakerin, di Pandeglang, Banten.

SEPATAN –Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) adalah salah satu jurusan yang ada di SMKN 2 kabupaten Tangerang. Jurusan ini merupakan cikal bakal dari SMK Negeri 2 kabupaten Tangerang, yang sebelumnya adalah Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA).

Alumni dari SPMA jurusan ATPH, banyak yang sudah meraih kesuksesan dalam kehidupannya. Hal ini tidak terlepas dari proses pendidikan yang sudah diterimanya saat sekolah, baik yang berupa pengetahuan umum maupun pendidikan kecakapan hidup.

Pendidikan kecakapan hidup yang paling dirasakan oleh para siswa, salah satunya adalah yang mereka dapatkan dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Ada sedikit perbedaan antara jurusan ATPH dengan jurusan lainnya dalam kegiatan ini.

Jurusan selain ATPH para siswa melaksanakan kegiatan tersebut dengan cara dititipkan ke berbagai perusahan dan instansi selama 2 bulan dalam bentuk kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin).

Sementara, jurusan ATPH bentuk kegiatannya langsung mempraktikan teori-teori yang sudah didapatkan di sekolah, di bawah bimbingan praktisi atau ahli di bidang pertanian dan balai pertanian melalui program Program Keahlian (PK).

Di dalam PK, setiap siswa diharuskan memilih salah satu komoditas pertanian yang sesuai dengan wilayahnya untuk dibudidayakan. Kegiatannya mulai dari penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, sampai kepada proses panen dan pasca panen serta analisis usaha.

“Selain kegiatan PK, pelaksanaan PKL pada Jurusan ATPH ada kegiatan Integrasi Partisipasi Masyarakat (IPM), dimana selama dua bulan para siswa yang tinggal di tengah-tengah lingkungan masyarakat sekitar berbaur dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan, antara lain mengikuti pengajian, kerja bakti dan lain-lain,” kata Kepala Jurusan ATPH pada SMKN 2 Kabupaten Tangerang Nuraman SP M.Si, kepada Tangerang Ekspres, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/11).

Selama melaksanakan PKL, dilanjutkannya, dibawah bimbingan seorang guru (pembimbing internal) dan pembimbing lapangan (eksternal), para siswa juga diajarkan pola hidup mandiri seperti memasak, mencuci, belajar memahami dan menghargai budaya setempat, belajar memahami karakter seseorang, diajarkan mengelola uang jajan untuk melatih pola hidup hemat dan lain-lain.

Melalui pola kegiatan PKL seperti itu, diharapkan akan terbentuk para siswa yang memiliki keahlian sesuai dengan bidangnya dan juga memiliki kecerdasan hidup lainnya. “Yakni, kecerdasan spiritual, sosial, emosional dan juga memiliki mental yang mandiri,” pungkasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here