Home ADVERTORIAL 5.126 Warga Kota Tangerang Dapat Pekerjaan Melalui Virtual Job Fair

5.126 Warga Kota Tangerang Dapat Pekerjaan Melalui Virtual Job Fair

0
SHARE

Walikota Tangerang Terus Tingkatkan Kompetensi Masyarakat

TANGERANG – Penting bagi para pencari kerja memiliki kompetensi. Selain juga didukung latar belakang pendidikan. Di era persaingan dunia kerja yang makin kompetitif saat ini, kompetensi dapat dijadikan modal. Maka itu, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah terus mendorong peningkatan kompetensi masyarakat dalam menghadapi dunia kerja maupun wirausaha.

Saat membuka Virtual Job Fair yang diselenggarakan Dinas Ketenagakerjaan, kemarin (24/11), walikota menyampaikan, Pemerintah Kota Tangerang telah melakukan program peningkatan kompetensi masyarakat melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan pembinaan.

“Selama tahun 2021, Pemkot telah melakukan pelatihan kompetensi pada 400 orang melalui BLK. Pelatihan wirausaha yang diikuti tak kurang dari 660 peserta,” jelas Arief.
Melalui program peningkatan kompetensi, diharapkan masyarakat memiliki kemampuan dan siap untuk bekerja baik di industri maupun berwiraswasta. Arief menjabarkan era revolusi industri 4.0 menjadi sebuah tantangan dan juga kebutuhan di mana peningkatan kompetensi SDM bukan hanya menjadi tanggung jawab institusi pendidikan namun juga sektor industri.

“Dibutuhkan sinergitas yang baik antara Pemda dan juga sektor swasta agar kompetensi masyarakat bisa meningkat,” ungkapnya.

Kegiatan Virtual Jobfair, papar walikota, menjadi jembatan bagi para pencari kerja dengan dunia usaha di Kota Tangerang. Selama gelaran virtual job fair telah memberikan pekerjaan kepada 5.126 warga Kota Tangerang. “Harapannya bisa diisi oleh masyarakat yang memiliki kompetensi unggul,” beber walikota.

Lebih lanjut Arief mengungkapkan, kegiatan virtual job fair juga membawa dampak positif kepada angka penduduk yang bekerja di Kota Tangerang. Terdapat kenaikan sebanyak 7.928 orang dibanding data pada tahun 2020 menurut Badan Pusat Statistik (BPS).

“Data pada tahun 2021, penduduk yang bekerja sebanyak 1.038.183 sedangkan pada 2020 sebanyak 1.030.255 orang,” sebut Arief.

Plt Kepala Disnaker, Rakhmansyah mengungkapkan, pada Virtual Job Fair kali ini, tersedia 1.073 lowongan kerja dari 15 perusahaan. Diantaranya, 102 lowongan untuk tingkat S1, 161 lowongan untuk D3 dan 810 untuk SMA/SMK.

Memaksimalkan job fair yang digelar setiap bulan, Disnaker menguatkan program Bursa Kerja Khusus (BKK) yang dibentuk di sekolah-sekolah.

“Hingga saat ini, Disnaker sudah membentuk BKK di 69 SMK dari 130 SMK di Kota Tangerang. Targetnya, 2022 seluruh SMK sudah memiliki BKK, tak menutup kemungkinan pada jenjang universitas,” ungkap Rakhmansyah.

Ia pun menjelaskan, BKK merupakan lembaga legal dimasing-masing sekolah, yang dibentuk untuk memberikan pengetahuan atau informasi terkait pasar kerja, penyuluhan bimbingan jabatan hingga psikotes untuk mengetahui lebih dulu sebuah minat kerja.

“Program BKK dapat dinikmati mereka para siswa yang akan lulus atau mereka para alumni, yang masih berjuang mencari kerja, bisa melalui BKK yang terbentuk di masing-masing sekolahnya. Sehingga, bisa lebih mudah, cepat dan tepat bagi para siswa mencari pekerjaan sesuai minatnya,” jelasnya.

Ia mengajak seluruh pelajar SMK yang akan lulus atau para alumni untuk memanfaatkan sejumlah program yang sudah dihadirkan. “Mulai dari job fair virtual, BKK hingga dalam waktu dekat akan digelarnya jobfair tingkat kelurahan,” kata Rakhmansyah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here