Home POLITIK Abdul Syukur Hengkang dari Golkar Berlabuh ke Demokrat

Abdul Syukur Hengkang dari Golkar Berlabuh ke Demokrat

0
SHARE

KOTA TANGERANG – Mantan Ketua DPD Golkar Kota Tangerang, periode 2010—2015, Abdul Syukur hengkang ke Partai Demokrat. Politisi senior ini resmi melabuhkan karir politiknya ke Partai Demokrat dan bakal masuk dalam struktural tingkat dewan pimpinan daerah (DPD) Provinsi Banten yang sebentar kepengurusan barunya dilantik.

“Iya saya sudah resmi menjadi anggota partai Demokrat. Ditempatkan untuk kepengurusan di DPD Demokrat Provinsi Banten,” ungkap Abdul Syukur saat dihubungi wartawan, Rabu (22/11).

Bang Syukur, panggilan akrab adik dari Gubernur Banten, Wahidin Halim ini mengaku sudah seminggu lalu telah bergabung di partai berlambang Mercy tersebut. Dia belum tahu akan ditempatkan dibidang apa nantinya di DPD Demokrat Provinsi Banten.

“Sudah dapat ID Card keanggotaan, tapi belum tahu akan ditempatkan dibidang apa tugasnya apa. Kan disana (DPD) banyak struktur dan bidangnya,” kata Syukur.

Pada Pemilukada Kota Tangerang periode 2013-2018, saat dirinya masih menjabat Ketua DPD Partai Golkat Kota Tangerang, Ia turut meramaikan pesta demokrasi tersebut. Dirinya mencalonkan diri sebagai Walikota Tangerang yang berpasangan dengan Hilmi Fuad dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun kandas di meja hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan pasangan Arief R Wismansyah yang berpasangan dengan Sachrudin.

Ketika disinggung maju kembali pada Pemilukada 2024 nanti dengan partai barunya ini, Syukur menyatakan siap apabila partai besutan mantan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendorong untuk maju kembali pada Pemilukada 2024 nanti.

“Kalau tugas partai saya siap. Apa saja,” tegasnya.

“Ya bisa saja ditugaskan untuk maju di pilkada Kota Tangerang. Saya siap,” tambahnya.

Syukur menuturkan, dirinya siap maju pada Pemilukada 2024 bukan hanya atas dasar dorongan partainya yang saat ini baru dijajaki. Namun atas peran dukungan masyarakat Kota Tangerang.

“Bila keinginan masyarakat kuat untuk maju pada pilkada Kota Tangerang 2024 mendatang, kenapa tidak,” tandasnya

“Intinya untuk maju di pilkada Kota Tangerang saya siap. Alhamdulillah jaringan-jaringan tahun lalu masih solid,” tukasnya.

Sementara, Ketua DPC Partai Demokrat, Baihaki menyambut baik dan mengapresiasi Abdul Syukur seorang politisi yang dibesarkan oleh Partai Golkar kini melabuhkan pilihan politiknya ke Partai Demkrat.

“Dari rekam jejaknya beliau seorang politisi yang mumpuni. Beliau pernah menjadi Anggota DPRD Kota Tangerang 2 periode dan DPRD Provinsi Banten juga. Abdul Syukur ini mengerti keinginan Warga Kota Tangerang. Bisa menyejahterakan masyarakat Kota Tangerang,” ungkap Baihaki saat dihubungi Tangerang Ekspres.

Baihaki juga menyatakan, Abdul Syukur terverifikasi masuk dalam kepengurusan Partai Demokrat di DPD Provinsi Banten. Ia menyebut saat ini Surat Keputusan (SK) Abdul Syukur belum turun.

“Nanti pas pelantikan baru kita tahu di bidang apa beliau dalam struktur kepengurusan di DPD Provinsi. Nanti kita tunggu waktu pelantikan DPD Provinsi,” tukasnya.

Pemilukada 2024 nanti, kata Baihaki, Abdul Syukur dipersilakan untuk berkompetisi dengan beberapa calon yang bakal diusung oleh Partai Demokrat nanti. yang nantinya setelah hasil verivikasi akan diusulkan ke DPP Demokrat.

“Ada 5 calon yang bakal kita usulkan, nama-namanya masih kita rahasiakan. Silakan saja untuk berkompetisi. Tinggal tunjukkan saja prestasi dan kompetensinya di Partai Demokrat ini,” ujarnya.

Baihaki menyebut, pihaknya di DPC bakal terus mengamati calon-calon yang bakal diusulkan ke DPP Demokrat untuk mengikuti pemilihan walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2024 nanti.

Dia memaparkan, Partai Demokrat telah memenangkan Pemilukada Kota Tangerang pada periode 2013-2018 dengan mencalonkan Walikota Arief R Wismansyah yang berpasangan dengan Wakil Walikota Sachrudin. Pada periode 2018-2023 pasangan tunggal Arief R Wismansyah-Sachrudin kembali memenangkan Pemilukada Kota Tangerang melawan kotak kosong.

Baihaki menambahkan, dengan kehadiran Abdul Syukur di Partai Demokrat, dia berharap dapat mendobrak suara Partai Demokrat pada Pemilu 2024 nanti.

” Ya harapan kita kedepan Abdul Syukur dapat memboyong simpatisan yang saat ini masih loyal kepada beliau. Semoga Pemilu 2024 nanti Partai Demokrat dapat menjadi pemenangnya khususnya di Kota Tangerang,” pungkasnya.

Dilain pihak, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Tangerang, Sachrudin mengaku belum mengetahui, Abdul Syukur hengkang ke Demokrat. Menurutnya, yang bersangkutan tidak memberitahukan secara resmi terkait kepindahannya ke Demokrat.

“Saya malah belum tahu tuh. Kita sih enggak tau ya, belum ada pemberitahuan juga dari yang bersangkutan,” ujarnya kepada wartawan.

Sachrudin menjelaskan, Abdul Syukur di masa kepemimpinannya memang tidak masuk dalam struktural kepengurusan alias hanya anggota biasa. “Ya kepengurusan periode kemarin dia sebagai Ketua DPD Golkar (Kota Tangerang) periode sebelumnya, periode yang lalunya lagi (pengurus). Kalau, saat ini memang tidak ada dalam struktur,” jelasnya.

Sachrudin yang juga Wakil Walikota Tangerang ini pun tak ingin ambil pusing terkait kepindahan Abdul Syukur. Menurutnya, setiap kader memiliki kebebasan masing-masing dalam berpolitik.

“Prinsipnya, kita masing-masing punya kebebasan pilihan politik. Ya bebas bebas sajalah. Kita pengen mengedepankan etika berorganisasi,” tukasnya (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here