Home ADVERTORIAL HUT Tangsel, RSU Gandeng PMI Gelar Donor Darah Targetkan 200 Kantong Darah

HUT Tangsel, RSU Gandeng PMI Gelar Donor Darah Targetkan 200 Kantong Darah

0
SHARE
Karyawan RSU Kota Tangsel ikut donor darah dalam memperingati HUT ke-13 Kota Tangsel, Kamis, (25/11/2021).

PAMULANG – Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel menggelar berbagai kegiatan untuk memperingati HUT ke-13 Kota Tangsel. Salah satunya kegiatan donor darah yang dilaksanakan di ruang Auditorium, lantai 8 gedung 3, Kamis (25/11).

Direktur RSU Kota Tangsel dr Umi Kulsum mengatakan, kegiatan donor darah tersebut terbuka untuk umum, bukan hanya untuk karyawan RSU saja. Pada pelaksanaannya menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangsel.

“Kegiatan donor darah ini adalah rangkaian kegiatan HUT ke-13 Kota Tangsel yang jatuh pada 26 November,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (26/11). Ia berharap rumah sakit milik pemerintah daerah itu menjadi pilihan masyarakat karena kualitas pelayanannya yang baik.

Pasalnya, pihaknya terus melakukan perbaikan pelayanan, peningkatan kapasitas SDM serta terus berinovasi mengikuti perkembangan teknologi.

“Kami tidak ingin perayaan HUT ke-13 ini berlalu begitu saja. Peserta donor darah ini ada dari mayarakat umum, pegawai dan keluarga pegawai,” tambahnya. Menurutnya, kegiatan donor darah diambil karena selama dua tahun mengalami pandemi Covid-19. Sedangkan untuk kebutuhan darah terbatas, sehingga pihaknya membantu PMI untuk pemenuhan kebutuhan darah tersebut.

“Ini bentuk kepedulian dan kita sama-sama prihatin dan PMI salah satu garda terdepan untuk pemenuhan darah. Mungkin selama pandemi masyarakat takut untuk melakukan donor dan saat ini pandemi sudah melandai dan diharap masyarakat mendonorkan darahnya untuk keberlangsungan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Dalam donor darah tersebut, RSU Kota Tangsel menargetkan mendapat 200 kantung darah dan pendaftar sekitar 30 persen berasal dari tenaga kesehatan.

“Kebutuhan darah di RSU selalu tersedia karena kita selalu bersinergi dengan PMI dan kalau kita minta darah selalu ada,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-13 kepada Kota Tangsel dan berharap Kota Tangsel akan terus berkembang dan maju. “Terimakasih kepada walikota yang selama ini mendukung program kesehatan, kita selalu ditunjang dari mulai sarana prasarana, kebutuhan rumah sakit selalu diberikan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala UUD PMI Kota Tangsel dr Suhara manullang, M.Kes menjelaskan kerjasama dengan RSU tidak hanya dalam rangkaian HUT ke-13 Kota Tangsel. Tetapi, juga dalam hal kegiatan kesehatan lainnya. “Dalam satu bulan RSU Tangsel membutuhkan darah sekitar 400-500 kantong. Jadi per hari perlu 20 kantong. Jadi acara donor ini baik dan akan rutin diadakan,” ujarnya.

Suhara menambahkan, PMI Kota Tangsel memerlukan sekitar 70 kantong darah setiap hari dan perbulan membutuhkan sekitar 2000 kantong darah. Selain itu, PMI Kota Tangsel juga kerjasama dengan sekitar 60 rumah sakit yang ada di Kota Tangsel dan luar Kota Tangsel. “Pandemi ini membuat masyarakat khawatir sehingga jumlah pendonor menurun. Namun, stok darah aman. Darah ini unik dan mengikuti kebutuhan. Saat ini musim demam berdarah. Satu kantong darah itu ada plasmanya, ada sel darah merah dan trombositnya. Sekarang trombosit yang diperlukan dan saat Covid-19 butuh plasma konvalesen,” tutupnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here