Home TANGERANG HUB Pelaku Usaha Pariwisata di Tangsel Tingkatkan Kompetensi

Pelaku Usaha Pariwisata di Tangsel Tingkatkan Kompetensi

0
SHARE

SERPONG-Dinas Pariwisata Kota Tangsel mengadakan sertifikasi kompetensi bagi pelaku usaha pariwisata dan penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE.

Acara tersebut dilaksanakan di Restoran Telaga Seafood, Serpong, Rabu (24/11) dan diikuti oleh 50 peserta. Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Pariwisata Kota Tangsel Maya Elsera mengatakan, peserta sertifikasi kompetensi bagi pelaku usaha pariwisata adalah adalah orang-orang yang bergerak di dunia pariwisata.

Maya mencontohkan yang diundang berasal dari pelaku cafe atau outlet dan khususnya didaerah fresh market Bintaro. “Fresh market ini salah satu tempat baru, tempat kulineran, tempat nongkrong anak baru. Saya ingin fresh market jadi percontohan untuk tempat nongkrong yang sudah standar CHSE,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (24/11).

Maya menambahkan, selain kegiatan sertifikasi kompetensi, pihaknya juga mempunyai kegiatan lagi tentang sertifikasi CHSE. “Sosialisasi sertifikasi kompetensi bagi pelaku usaha pariwisata kita laksanakan hanya hari ini (kemarin) dan nanti akan ada sertifikasi pada awal Desember. Hari ini sosialisasi agar mereka persiapkan yang dibutuhkan,” tambahnya.

Masih menurutnya, ada beberap item yang yang harus berstandarisasi. Ia mencontohkan di fresh market memiliki ukuran kecil fan itu bisa disesuaikan dan yang penting mereka susuai CHSE-nya dimana saja. “Sebenarnya CHSE adalah program pemerintah pusat. Untuk sertifikat CHSE hanya 25 orang yang akan dapat,” jelasnya.

“Keuntungan bagi yang sudah punya CHSE maka orang percaya bahwa tempatnya sudah terstandarisasi SHSE, orang jadi nyaman dan diharap datang lagi,” tuturnya.

Sementara itu, nara sumber atau dosen dari Universitas Swiss German Nila Krisnawati mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 pihaknya ingin tetap ingin mendukung seluruh usaha wisata untuk berkelanjutan. “Kita semua tahu betapa pemerintah mengalokasikan dan memperhatikan ini untuk upaya melakukan recoveri dan konsisten. Yg harus dilakukan pelaku pariwisata adalah harus patuh dan tidak abai karena, ini melibatkan semua ekosistem, tidak hanya pemerintah namun pelaku usaha dan manusianya,” ujarnya.

Nila mencontohkan, negara-negara maju yang distribusi vaksinasi sudah mencapai herd imunity saja terjadi gelombang baru. Sementara walaupun kita sudah melampaui batas distribusi vaksin dari organisasi kesehatan dunia (WHO) tapi tetap kita harus waspada. “Saya senang sekali dilibatkan untuk tetap waspada dan mensupport pelaku pariwisata,” tambahnya.

Ditempat yang sama, nara sumber atau dosen Dari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Budi Setiawan mengaku, CHSE itu adanya saat pandemi vocid-19. Pada saat pandemi ini CHSE untuk meyakinkan kepada wisatawan baik domestik dan mancanegara yang difasilitasi Kemenparekraf. “Dijaman Covid ini kementerian selama dua tahun memfasilitasi berlalu CHSE dan ini berlakunya satu tahun dan harus diperpanjang lagi,” ujarnya.

Budi menambahkan, ada 12 kategori usaha dan semua indikatornya ada di Kemeparekraf Nomor 13 Tahun 2020 hanya saja belum wajib tapi, diharapkan punya CHSE. “Syarat CHSE ini yang penting mengukur diri dulu, daftarnya secara online tetapi, tiap provinsi dikasih kuotanya. Mereka harus mengukur diri dulu dari empat dimensi, yakni kebersihan, kesehatan, keselamatan dan keamanan lingkungan,” jelasnya.

Nara sumber lainnya dari Politeknik Sahid, Budi Bagaskoro mengatakan, sertifikasi sebelum dan saat Covid-19 sama saja tapi, saat ini lebih kepada kepuasan konsumen. “Kalau kita bisa melayani lebih baik pasti konsumen kembali lagi,” ujarnya.

Budi meyakini, dari sisi pelaku usaha pasti itu membuat ribet dan karyawannya harus diasesmen. “Namun, ini menguntungkan juga karena jadi tahu mana karyawan yang kompeten atau tidak,” tutupnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here