Home TANGERANG HUB
0
SHARE

SEPATAN — Pemerintah Desa (Pemdes) Pondok Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, tuntas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021. Demikian hal tersebut diungkapkan Deri Dermawan, Kepala Desa (Kades) setempat, Senin (29/11).

“Alhamdulillah, pembagian BLT dari Dana Desa, selalu berjalan tertib dan lancar. Bansos itu tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran serta berpatokan pada peraturan yang berlaku,” kata Deri, saat dikonfirmasi Tangerang Ekspres, di kantornya.

Diketahui, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk BLT Dana Desa tahun anggaran 2021 mencapai 100 keluarga yang masing-masing menerima uang tunai sebesar Rp300 ribu per bulan.

Para penerima BLT tersebut, lanjutnya, berasal dari keluarga terdampak wabah Covid-19 yang tidak menerima bantuan dari program bantuan sosial lain. “BLT dari Dana Desa ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang terdampak wabah Corona. Walaupun dananya dari desa, keputusannya dibuat oleh pemerintah,” ujar Deri.

Penyaluran semua bansos bagi warga terdampak Covid-19, kata Deri, sesuai dengan prosedur, baik bantuan sosial berupa BST, JPS, BPNT, maupun bantuan PKH. Dan BLT Dana Desa. “Setiap pembagian bantuan sosial tak ada masalah. Jadi semuanya berjalan lancar karena data penerimanya sudah jelas,” tutur Deri.

Lalu, pada pembagian BLT Dana Desa, Pemdes selalu menerapkan protokol kesehatan. Semua hadirin, baik penerima maupun petugas penyalur BLT dan perangkat desa diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan, menjalani tes suhu tubuh, dan menjaga jarak.

Deri menambahkan, penyaluran BLT Dana Desa sudah melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan pemerintah. Proses pencairan melalui serangkaian tahapan pendataan. Selain itu, data penerima sudah melalui verifikasi dan validasi. Proses verifikasi dan validasi data penerima BLT dilakukan melalui dari RT dan RW. “Prosedurnya melalui musyawarah dusun dan maupun musyawarah desa khusus,” jelas Deri.

Dalam penyaluran BLT Dana Desa, tidak ada polemik di masyarakat. Semua proses penyaluran BLT Dana Desa berjalan lancar. Hal ini terwujud karena kerja sama dan sinergitas antara Ketua RT, ketua RW, BPD, LPM, perangkat desa, relawan Covid 19, TNI dan Polri. (zky/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here