Home TANGERANG HUB Wajib Swab Antigen Sebelum Masuk Tempat Karaoke dan Spa

Wajib Swab Antigen Sebelum Masuk Tempat Karaoke dan Spa

0
SHARE

CIPUTAT-Dinas Pariwisata Kota Tangsel mulai Senin (29/11) melakukan ujicoba pembukaan tempat karaoke, spa dan rumah pijat. Ada 6 tempat yang diujicoba untuk beroperasi kembali sejak tutup akibat pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel Heru Agus Santoso mengatakan, ujicoba pembukaan kembali tempat karaoke, spa dan rumah pijat dimulai kemarin. “Outlet karaoke, spa dan rumah pijat jumlahnya ratusan tapi, yang kita ujicoba hanya 6 outlet,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (29/11).

Heru menambahkan, 6 outlet karaoke, spa dan rumah pijat tersebut seperti Delta Spa, Orchitd Spa BSD, CC Karaoke, Famaus BSD dan lainnya. Ujicoba dilakukan untuk penerapan protokol kesehatan (prokes). Lalu, kapasitas 50 persen room yang boleh buka, kapasitas ruangan 25 persen.

“Termasuk pengelola harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, swab antigen bagi pengunjung, jam operasional spa sampai pukul 21.00WIB dan tempat karaoke sampai jam 22,” tambahnya.

Masih menurutnya, bila nanti selama ujicoba tertib, tidak terjadi penyebaran Covid-19, akan dikeluarkan regulasi. “Kalau PPKM level 3 maka akan ikuti aturan level 3 karena, dilevel 3 itu yang diatur di Inmendagri hanya di tempat wisata, bioskop, seni pertunjukan dan olahraga yang boleh buka,” ungkapnya.

Heru menjelaskan, 6 tempat yang diujicoba tersebut dilakukan karena pengelola sudah siap. Dua minggu lalu dinas pariwisata memberitahu kepada pengelola siapa yang siap. “Yang mengajukan ada 15 tapi, yang lolos verifikasi hanya 6 saja,” ungkapnya.

Bagi outlet karaoke, spa dan rumah pijat yang ingin usahanya buka maka harus mengajukan izin terlebih dahulu ke Pemkot Tangsel melalui Dinas Pariwisata. syaratnya harus memiliki SOP, prokes, punya aplikasi Peduli Lindungi, punya izin, punya fasilitas ruang isolasi, punya fasilitas swab antigen dan lainnya. “Dari semua itu lalu disampaikan ke walikota melalui dispar dan kemudian disampaikan ke satgas untuk melakukan pengecekan di lapangan. Kalau memenuhi persyaratan maka lolos dan boleh buka,” ungkapnya.

Ujicoba tersebut dilaksanakan selama dua minggu kedepan dan bila hasilnya bagus maka akan dilanjut. Sepanjang memenuhi ketentuan dalam regulasi pemerintah pusat dan satgas mereka boleh buka. “Dari outlet karaoke, spa dan rumah pijat yang paling banyak adalah rumah pijat karena, massage dan salon itu masuk rumah pijat dan ini tergantung izinnya,” tutupnya.

Sementara itu untuk bioskop, Heru mengaku saat ini kapasitas pengunjung 75 persen dan jam operasional sampai pukul 20.50 WIB atau pemutaran terakhir atau tutup pukul 23.00 WIB. Di Kota Tangsel ada 9 bioskop dan semua sudah buka.

“Nanti kalau PPKM level 3 berdasarkan Inmendagri Nomor 62 itu kapasitas pengunjung atau penonton 50 persen. Kalau 75 persen itu sudah boleh makan di tempat tapi, kalau level 2 sudah boleh. Kalau level 4 belum boleh jualan makan dan hanya nonton bioskop saja,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here