Home TANGERANG HUB PKM Unsut Latih Pemuda Cisauk Buat Lamaran Kerja Via Surel

PKM Unsut Latih Pemuda Cisauk Buat Lamaran Kerja Via Surel

0
SHARE
Mahasiswa PKM Unsut foto bersama peserta pelatihan membuat surat lamaran pekerjaan berbasis elektronik di Kampung Cisauk, Tangerang.

CISAUK – Pandemi Covid-19 membuat angka pengangguran meningkat. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) peningkatan pengangguran terbesar terjadi pada kelompok anak muda yang berusia 20-29 tahun. Yaitu ebesar 17,66% pada Februari 2021. Jumlah ini meningkat 3,36% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 14,3%.

Dari sisi pendidikan, tingkat pengangguran tertinggi banyak dialami oleh lulusan SMA, SMK, lalu pendidikan tinggi universitas. TPT dari lulusan SMA naik dari 6,69% tahun lalu menjadi 8,55% di tahun ini. Begitu pula dari lulusan SMK, naik dari 8,42% menjadi 11,45%.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, semua perusahaan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat guna menghindari semakin bertambahnya jumlah pasien yang terpapar virus Covid-19. Pada umumnya di perusahaan untuk menerima calon karyawan diawali dengan surat permohonan kerja atau biasa disebut curriculum vitae (CV) yang di kirimkan langsung oleh calon pekerja ke perusahaan, maka dari itu perusahan dalam perekrutan karyawan di masa pandemi sekarang ini menerapkan surat
lamaran kerja melalui surat elektronik (Surel/email).

Melamar kerja di masa pandemi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, kondisi pandemi ini membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, sehingga pencarian pekerjaan pun meningkat dan tak banyak perusahaan yang membuka lamaran karena mungkin mereka juga harus menjaga stabilitas keuangan. Meski begitu, bukan berarti tidak ada kesempatan. Saat ini sudah ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja secara online. Bahkan bisa mendapat pemberitahuan lewat email apabila ada pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Hal inilah yang melatarbelakangi 5 dosen Sistem Komputer Universitas
Sutomo yang beralamat di Jl. Raya Jakarta Km 5 No.6, Kalodran, Kec. Walantaka, Kota Serang, Banten 42183 untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang di ketuai oleh Yusuf Nur Faisal, dan rekan-rekan dosen lainnya diantaranya Agus Suhendi, Asep Suryadi, Ciska Dameria, dan Eneng Susilistia Agustini. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah salah satu wujud bentuk dari Tri Dharma perguruan tinggi; yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Berdasarkan hal tersebut, kami Tim PKM memberikan pelatihan kepada pemuda
pemudi warga Rw 04 Desa situgadung, Kec. Pagedangan dengan tema kegiatan:
“Pelatihan Penulisan dan Pengiriman Surat Lamaran Pekerjaan Secara Elektronik”
yang berada di wilayah Kp. Cisauk RW 04 Ds. Situgadung, Kec. Pagedangan Kab.
Tangerang- Banten,” kata Yusuf Nur Fasial.

Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari pada hari Jumat 19 November
2021 diikuti sekitar 21 orang pemuda-pemudi telah berjalan dengan lancar dan
mendapat sambutan hangat dari tokoh – tokoh masyarakat di wilayah Kp. Cisauk RW
04 Ds. Situgadung, Kec. Pagedangan, Kab. Tangerang. Materi yang diberikan yaitu
pelatihan bagaimana cara menulis dan melamar pekerjaan secara online dengan
memanfaatkan platform pencari kerja yang ada di internet, mengedukasi bagaimana
cara menggunakan video conference saat interview yang baik dan benar untuk menarik perhatian perusahaan pencari kerja, dan memeberika informasi mengenai lowongan pekerjaan yang reliable.

“Harapan kami kedepannya dengan pelatihan ini dapat membantu meningkatkan tingkat pengetahuan serta wawasan para pemuda pemudi Kampung Cisauk RW 04 Desa Situgadung agar dapat diimplementasikan pada saat proses melamar pekerjaan maupun wawancara dikemudian hari. Semoga pelatihan ini bermanfaat untuk pemuda pemudi
Kp. Cisauk Rw 04 yang terkena PHK dampak dari pandemic Covid-19 agar secepatnya kembali mendapatkan pekerjaan baru dan bagi yang baru lulus cepat mendapatkan
pekerjaan,” ujarnya. (dev/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here