Home TANGERANG HUB Pemkot Tangsel Dapat ‘Kado’ Excavator dari Kemen PUPR

Pemkot Tangsel Dapat ‘Kado’ Excavator dari Kemen PUPR

0
SHARE

TANGSEL – Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-76, Kementerian PUPR melakukan penanaman pohon di TPA Cipeucang, Serpong, Kamis (2/12). Selain itu, PUPR juga menyerahkan satu unit excavator kepada Pemkot Tangsel yang diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Icshan. Alat berat ini, bak kado dari pusat untuk kota termuda di Banten ini, mengingat November kemarin, Tangsel merayakan hari jadi ke 13 tahun.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan menjelaskan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak kementerian untuk membuat kebijakan. Dan penanaman pohon kemarin merupakan pertanda bahwa sampai saat ini koordinasi tetap dilakukan. “Kita melakukan penanaman pohon bersama di Cipeucang, karena lokasi ini merupakan lokasi dimana kerjasama antara Pemkot Tangsel dan Kementerian PUPR dilakukan,” ujar Pilar, dalam siaran pers yang diterima Tangerang Ekspres, kemarin.

Dalam acara tersebut Pemkot Tangsel mendapatkan bantuan dari PUPR berupa satu unit mesin excavator. Dia menambahkan bahwa penanaman pohon ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka mewariskan alam yang asri kepada anak cucu di masa yang akan datang. Sehingga sangat penting untuk dilakukan.

Menurutnya, penanaman pohon ini bisa mengurangi potensi erosi yang menyebabkan kerusakan pada alam. Kemudian, problema Tangsel mengenai banjir juga dilakukan dengan upaya program penanaman pohon ini.

Sementara Kepala Balai Prasarana Wilayah Prasarana dan Pemukiman Provinsi Banten, Rojali Indra Saputra, menjelaskan jika pembangunan infrastruktur merupakan program prioritas Pemerintah Pusat. Terutama infrastruktur pengelolaan sampah yang juga saat ini tengah diupayakan di Kota Tangsel.

Dengan adanya program ini bersama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Rojali menjelaskan ada dua poin yang bisa dipenuhi. Yang pertama adalah penyediaan infrastruktur dan yang kedua adalah lingkungan hijau. “Lingkungan hijau akan memberikan dampak baik kepada kita semua, karena mampu menyeimbangkan keadaan lingkungan,” Ujarnya kemudian menambahkan bahwa penanaman pohon ini memberikan manfaat yang banyak.

Misalnya, mencegah mitigasi eksploitasi terhadap lingkungan. Mencegah erosi yang dapat menyebabkan longsor dan banjir. Menjaga kesehatan udara. Serta Mewarisi kebaikan terhadap generasi selanjutnya.

Sementata Direktur Sanitasi Prasetyo, menyepakati hal tersebut. Dimana pemerintah pusat akan memberikan dukungan terhadap seluruh kebijakan yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Salah satunya adalah rehabilitasi terhadap TPA Cipeucang yang saat ini masih menjadi lokasi pembuangan akhir warga Kota Tangsel. Sehingga dibutuhkan langkah insetif, menjadilan TPA Cipeucang bukan menjadi lokasi pembuangan saja melainkan lokasi pengolahan sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat. Terakhir dia menyebutkan bahwa Kementerian PUPR akan senantiasa membantu, selagi program yang dibuat merupakan kebijakan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (hms/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here