Home ADVERTORIAL Wali Kota Terima Penghargaan Smart Living

Wali Kota Terima Penghargaan Smart Living

0
SHARE

KOTA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menerima piagam penghargaan kategori kota terbaik untuk dimensi Smart Living dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penghargaan diberikan pada acara Gerakan Menuju Smart City 2021 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Selasa (14/12).

Gerakan Menuju Smart City merupakan gerakan yang bertujuan membimbing pemerintah kota/kabupaten dalam merencanakan pembangunan berbasis inovasi dan teknologi. “Alhamdulillah Pemerintah Kota Tangerang mendapatkan piagam penghargaan dari Kemenkominfo,” ujar Wali Kota.

Arief menyampaikan, capaian ini bisa diraih Pemkot Tangerang atas pembangunan Aplikasi Sigacor yang berfungsi sebagai salah satu penanganan Covid-19 dalam memantau hingga ke RT/RW, data masyarakat terdampak hingga lumbung pangan dan kesehatan warga Kota Tangerang. Arief mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD terkait terlebih kepada Diskominfo Kota Tangerang yang terus melakukan inovasi berbasis teknologi dalam membantu masyarakat Kota Tangerang.

“Pemerintah Kota Tangerang melalui Diskominfo dan seluruh OPD terus melakukan pengembangan. Selain untuk mempertahankan predikat Smart City juga untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat,” kata Arief.

Perlu diketahui, aplikasi Siaga Cegah Corona atau Sigacor dibangun tahun lalu oleh Pemkot Tangerang ketika wabah Covid-19 melanda. Aplikasi diciptakan untuk mempermudah Satgas dalam penanganan wabah virus, terutama dalam percepatan informasi , pendataan warga yang terpapar, hingga lumbung pangan. Aplikasi yang dapat diunduh di playstore juga digunakan di tingkat RT dan RW dalam mendukung pelaksanaan Kampung Siaga Covid-19 yang dibentuk di seluruh wilayah Kota Tangerang.

Kepala Dinas kominfo Kota Tangerang, Mulyani, mengatakan, aplikasi Sigacor ialah aplikasi yang diperuntukan bagi aparatur terdepan dalam pelayanan di wilayah (RT/RW) agar dapat mengontrol dan melaporkan terkait perkembangan wabah Covid – 19.

“Aplikasi ini diperuntukkan bagi para Ketua RT dan Ketua RW, untuk membantu penanganan wabah Covid – 19,” ujarnya.
Aplikasi Sigacor memuat berbagai fitur yang dapat membantu RT/RW memantau kondisi dan kebutuhan masyarakat selama pandemi. Di dalamnya terdapat fitur data jumlah masyarakat yang terdampak, informasi lumbung pangan, nomor telepon darurat, dan sistem informasi kesehatan warga.

“Aplikasi ini sangat membantu aparatur di lapangan (RT/RW) dalam memantau kebutuhan tiap masyarakat terdampak, hingga penanganannya lebih cepat dan tepat,” sebutnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here