Home ADVERTORIAL Target Herd Immunity Alasan Anak Usia 6-11 Tahun Harus Divaksin

Target Herd Immunity Alasan Anak Usia 6-11 Tahun Harus Divaksin

0
SHARE

TANGERANG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terus menggencarkan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun. Bekerjasama dengan seluruh komponen, vaksinasi digelar di sekolah untuk mempercepat capain target herd immunity.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kota Tangerang mengharapkan, orangtua mendukung pelaksanaan vaksinasi dengan menyegerakan anak-anaknya ikut divaksin.
Sekretaris IDAI Kota Tangerang, dr Arifin Kurniawan Kashmir menyatakan, rencana pemerintah untuk memberikan vaksin covid-19 kepada anak umur 6-11 tahun, harus disambut positif.

Lebih lanjut, dr Arifin mengatakan vaksinasi covid-19 bagi kelompok usia 6-11 tahun itu sangat penting bagi anak. Ia pun membagikan enam alasan pentingnya vaksinasi bagi kelompok usia 6-11 tahun. Diantaranya, kelompok usia tersebut harus belajar tatap muka, sehingga berisiko menularkan bagi diri sendiri, sesama murid, guru, orangtua dan lansia di rumah.

Mempertimbangkan kemungkinan rendahnya kepatuhan anak dalam memakai masker tidak longgar dan melorot, tidak berkerumun, menjaga jarak, juga mencuci tangan. Vaksin ini aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap COVID-19 pada kelompok umur tersebut, mendapat EUA dari BPOM, melalui kajian ITAGI, dan telah disediakan oleh Kementerian Kesehatan.

“Kelompok usia ini sudah terbiasa mendapat imunisasi sejak bayi, balita dan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) di sekolah kelas I hingga V. Puskesmas sudah sejak lama berpengalaman melaksanakan program BIAS. Konvensi Hak Anak dan UU perlindungan anak menyatakan bahawa anak mempunyai hak yang sama untuk dilindungi dari sakit, cedera, dan berbagai kekerasan,” papar dr Arifin.
Kepala Dinas Kesehatan, dr Dini Anggraeni menegaskan vaksinasi anak usia 6-11 tahun aman untuk dilakukan.
Pemberian vaksin covid-19 pasa usia 6-11 tahun sudah melalui kajian yang matang. Telah mendapat rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunizatioon (ITAGI).

“Kementerian sudah memberikan keputusan untuk memulai vaksinasi usia 6-11 tahun. Semua telah dipastikan dari sisi keamananya, serta manfaat perlindungan yang akan didapat. Jadi jangan ragu, untuk putra putrinya segera divaksin,” kata dr Dini.

Dr dini menuturkan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun ditujukan untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi. Mencegah penularan anggota keluarga dan saudaranya, yang belum dapat divaksinasi atau mempunyai risiko terinfeksi.

“Pastinya, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, meminimalisasi penularan di sekolah atau satuan pendidikan. Terlebih mempercepar tercapainya herd immunity,” paparnya. Jenis vaksin yang digunakan untuk anak usia 6-11 tahun ialah Sinovac. Hal ini telah mendapat rekomendasi EUA BPOM dan ITAGI. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here