Home OLAHRAGA Persita Bungkus Kemenangan Lawan Persela 3-0

Persita Bungkus Kemenangan Lawan Persela 3-0

0
SHARE

DENPASAR – Di empat laga Persita menuai hasil buruk. Tak ada satu poin pun yang diraih. Ini membuat Persita terlempar dari 10 besar klasemen sementara Liga 1. Berada di peringkat 11, usai dikalahkan Persib 1-0 pada Jumat (7/1) lalu.

Persita berbenah dan mengatur strategi baru, dengan dukungan 10 pemain anyar. Hasilnya, sukses menjungkalkan Persela Lamongan dengan skor telak 3-0, pada laga Selasa (11/1) di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Tambahan tiga poin ini, mendongkrak Persita kembali ke zona 10 klasemen, nangkring di urutan 9 dengan maraih 25 poin.

Hasil buruk ini, membuat Persela kian tenggelam di zona merah. Berada di peringkat 17 atau nomor dua dari bawah. Persela terancam turun kasta jika tidak segera bangkit di beberapa pertandingan berikutnya. Tiga gol Persita dicetak Agung Prasetyo (38’), Irsyad Maulana (66’), dan Taylon Nicolas (90’+1).

Pelatih Persita Widodo C. Putro menuturkan skuadnya sempat khawatir sebelum pertandingan. Hujan deras yang mengguyur wilayah Denpasar kemarin sore dikhawatirkan akan mengganggu jalannya pertandingan. ’’Ternyata hujan jadi berkah buat kami. Anak-anak bermain sangat rapi,’’ tuturnya.

Widodo menambahkan, meski menang 3-0, skuadnya tidak menang mudah. Persela begitu menyulitkan dan tidak berhenti melakukan serangan. ’’Tapi, kami bermain lebih sabar. Anak-anak juga sudah bekerja ekstrakeras. Terima kasih, kami diberi kemenangan,’’ paparnya. Berhadapan dengan Persela yang di klasemen sementara posisinya berada di bawah Persita, Pendekar Cisadane tentu tidak menganggap sepele.

Skuad terbaik pun diturunkan untuk memastikan poin maksimal bisa diraih. Beberapa pemain baru yang pekan lalu memulai pertandingan dari bangku cadangan pun dipercaya untuk masuk di starting eleven. Di antaranya adalah M. Iqbal dan Miftahul Hamdi. Sementara Edo Febriansah yang sejak Minggu (9/1) sudah bergabung dengan tim, masuk di jajaran pemain cadangan.

Dengan target poin penuh, Persita bermain ngotot sejak menit awal. Alhasil, hasil yang diharapkan pun bisa diraih. Persita membungkus kemenangan dari pertandingan pekan ke-19 dengan skor akhir 3-0. Kembali meraih hasil positif setelah sekian lama tanpa hasil bagus, Widodo Cahyono Putro mengaku bangga atas kerja keras skuadnya.

Di awal laga, Persita masih mencari cara membongkar pertahanan Persela. Justru banyak mendapat serangan. Irsyad Maulana mengakui, kunci kesuksesan Persita meraih kemenangan ada di kesabaran. “Mungkin di awal asih mencari-cari, meraba-raba untuk bisa membongkar pertahanan Persela. Alhamdulillah, mungkin karena ada juga faktor kita main sabar, main dari kaki ke kaki. Mungkin akhirnya bisa juga terbongkar,” ujarnya.

Edo Febriansah yang membela timnas di Piala AFF beberapa waktu dimainkan di babak kedua. Tendangan kaki kiri Edo sempat membuat penjaga gawang Persela susah payah menyelematkan gawangnya. Widodo melihat Edo belum kembali ke kondisi terbaiknya. Meski ia tetap tampil impresif.

“Edo ini kan baru bergabung di kita belum lama ya. Ada beberapa hari. Jadi kondisinya belum pulih 100 persen tapi kita akan coba memainkan dia dan kita tadi sudah mencoba. Dan memang kondisinya kalau saya lihat belum pulih. Tapi step by step untuk ke depannya dia pasti pulih 100 persen. Dan main tadi cukup impresif ya Edo. Tipikal Edo memang attacking (penyerang) meskipun dia defend. Jadi saya apresiasi,” lanjut Widodo.

Pelatih Persela Jafri Sastra mengaku sangat kecewa atas apa yang didapat skuadnya. Dia menuturkan, Demerson Bruno Costa dkk kembali melakukan kesalahan dasar. Yakni, tidak fokus dalam bola mati. ’’Dua gol berawal dari bola mati. Gol pertama dari tendangan sudut dan gol terakhir dari throw-in. Hasil yang sangat tidak kami harapkan,’’ paparnya.

Dia mengaku Persita bermain lebih cerdik. Tiap peluang yang ada benar-benar dimanfaatkan dengan baik. ’’Sedangkan ada beberapa peluang yang tidak bisa kami manfaatkan,’’ katanya.
Mantan pelatih PSPS Riau itu menegaskan segera berbenah. Dia berharap pemain asing barunya Selwan Aljaberi bisa segera dimainkan di pertandingan selanjutnya. ’’Kami juga akan kedatangan bek sayap lokal. Yakni, Valentino Telaubun,’’ tuturnya. (rud/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here