Home TANGERANG HUB Cegah Korupsi, Siltap dan Tunjangan Perangkat Desa Ditransfer Langsung

Cegah Korupsi, Siltap dan Tunjangan Perangkat Desa Ditransfer Langsung

0
SHARE

MAUK — Tahun ini, penghasilan tetap (siltap) dan tunjangan perangkat desa, dibayar dengan sistem transfer ke nomor rekening. Demikian disampaikan Khalid Mawardi, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Mauk, Rabu (12/1).

“Ini sistem baru di desa, mulai Januari 2022 ini,” kata pria yang akrab disapa Khalid ini, kepada Tangerang Ekspres, di ruangan kerjanya.

Khalid menjelaskan, dalam sistem baru ini, pemerintah desa mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, untuk membayar siltap dan tunjangan perangkat desa.

Kemudian, lanjutnya, uang dari rekening kas daerah langsung dikirim ke rekening pribadi perangkat desa. Sedangkan sistem sebelumnya, uang dari rekening daerah ditransfer ke rekening kas desa.

“Dengan sistem yang lama itu, kepala desa, bendahara dan kepala urusan (kaur) keuangan, yang nyairin uangnya di bank. Kemudian, secara tunai diberikan ke perangkat desa,” tuturnya, seraya menyebutkan sistem baru ini berlaku juga untuk pembayaran biaya operasional (BOP) ketua RT dan RW.

Khalid merincikan, siltap dan tunjangan perangkat desa bervariasi tergantung posisi jabatan perangkat desa. Yakni, siltap dan tunjangan sekretaris desa (sekdes) senilai Rp4 juta per bulan.

Kemudian, siltap dan tunjangan untuk kepala seksi (kasi) senilai Rp3.650.000 per bulan. Siltap dan tunjangan kepala urusan (kaur) senilai Rp3,4 juta per bulan. Siltap kepala dusun atau jaro senilai Rp2,4 juta per bulan.

“BOP ketua RW senilai Rp400 ribu per bulan dan BOP ketua RT senilai Rp300 per bulan. Oleh karena itu, sekarang perangkat desa, ketua RT dan RW, wajib punya nomor rekening. Rekening Bank BJB,” pungkasnya. (zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here