Home TANGERANG HUB Permohonan Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Meningkat

Permohonan Dispensasi Nikah di Pengadilan Agama Meningkat

0
SHARE

TIGARKSA– Pengadilan Agama Tigaraksa mencatat sepanjang tahun 2021 ada 938 perkara permohonan, termasuk permohonan dispensasi kawin atau pernikahan dini.

Humas Pengadilan Agama Tigaraksa Zaenal Mustofa mengatakan, perkara permohonan atau gugatan voulentair di tahun 2021 meningkat menjadi 938 perkara dibanding tahun 2020 sebanyak 753 perkara.

Ia menjelaskan, ratusan perkara permohonan tersebut paling banyak didominasi oleh permohonan dispensasi kawin (diska), isbat nikah, dan penetapan ahli waris.

“Banyak (Gugatan Voulentair) ada 938 perkara ini termasuk dispensasi kawin banyak. Tapi lebih rincinya saya harus lihat data dulu,” kata Zaenal saat ditemui, Selasa (11/1).

Menurut dia, permohonan dispensasi kawin bagi anak yang belum cukup usia tersebut selalu meningkat setiap tahunnya. Rata-rata mereka yang mengajukan dispensasi kawin ini masih berusia 17-18 tahun.

“Kebanyakan karena hamil duluan tapi ada juga karena orang tua yang saking khawatirnya melihat hubungan anaknya yang sudah terlalu dalam akhirnya dinikahkan,” terangnya

Ia menambahkan, bahwa menurut undang-undang nomor 16 tahun 2019 disebutkan bahwa usia minimal untuk laki-laki dan perempuan menikah yaitu 19 tahun.

“Kalau sudah sama-sama 19 tahun boleh langsung daftar ke KUA. Karena mereka belum cukup umur atau belum mencapai usia 19 tahun jadi mereka meminta dispensasi kawin kesini,” tukasnya.(net/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here