Home TANGERANG HUB Calon Haji Mulai Periksa Kesehatan

Calon Haji Mulai Periksa Kesehatan

0
SHARE
PERIKSA KESEHATAN: Sejumlah calon jamaah haji melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan tahap pertama di Puskesmas Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Senin (20/3).

PASAR KEMIS-Puskesmas di Kabupaten Tangerang mulai melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama kepada ribuan calon jamaah haji (calhaj). Pemeriksaan ini akan menjadi data kesehatan dalam upaya perawatan, pemeliharaan, pembinaan dan perlindungan terhadap Calhaj.

Pemeriksaan kesehatan Calhaj ini meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang lainnya seperti laboratorium, rontgen, EKG serta penilaian kemandirian Calhaj.

Berdasarkan pantauan Tangerang Ekspres di Puskesmas Pasar Kemis, Senin (20/3), sejumlah dokter telah melakukan pemeriksaan kesehatan Calhaj. Menurut Kepala Puskesmas Pasar Kemis, dr. Salwa,  untuk tahap pertama, Puskesmas Pasar Kemis memeriksa   120 Calhaj. Para Calhaj ini sendiri telah mengikuti sejumlah rangkaian pemeriksaan kesehatan.

” Tahap pertama ada 120 orang yang kami periksa dan hampir selesai. Selanjutnya tes kebugaran yang rencananya akan dilaksanakan pekan depan,” Kata Salwa

Sementara Kasi Survailen Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Toha SKM.M.Si menjelaskan, jumlah Calhaj yang diperiksa kesehatannya berdasarkan data dari Kementerian Agama Kabupaten Tangerang berjumlah 2.028 orang.

” Hasil pemeriksaan akan menjadi dasar pengisian Buku  Kesehatan Jamaah Haji (BKJH). Bila tahap satu ditemukan permasalahan dengan kesehatan calo jamaah haji, masih ada waktu untuk diobati. Sehingga ketika berangkat sudah benar-benar dalam kondisi sehat, dan memiliki kemampuan untuk melakukan ibadah haji,” Kata Toha Msi saat dihubungi via telepon. (JKW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here