Home BISNIS Sajian Bernuansa Arab Sambut Ramadan

Sajian Bernuansa Arab Sambut Ramadan

0
SHARE

ulan Ramadan sudah di depan mata. Salah satu yang disiapkan saat menyambut bulan puasa tersebut adalah hidangan berbuka yang istimewa. Sajian bernuansa Arab terasa pas dengan momen Ramadan. Seperti paduan roti maryam dan chicken curry berikut.

Iwan Irawan, executive chef Mercure Jakarta Cikini menerangkan, untuk membuat chicken curry dengan taste Arabian, bumbu curry mustard-nya didatangkan langsung dari Lebanon.”Indonesia juga punya bumbu kari, tapi beda, nggak dapat taste Arabian-nya,” ujar pria yang akrab disapa dengan chef Ibe tersebut, saat cooking demo Ramadan Accor Hotels, Senin (22/5).

Namun, di negara asalnya lebih banyak menggunakan daging kambing. Adapun padanan untuk menikmati curry yang paling pas adalah roti maryam. Tuangkanchicken curry di atasnya. Alternatif roti maryam bisa juga menggunakan nasi briyani yang dibuat dari beras bashmati.

Untuk dessert-nya, ada baklava. Penganan manis dengan tekstur berlayer ini, dibuat dari philo pastry dengan isian kacang-kacangan. Bisa menggunakan kacang mede, pistachio, almond, juga kismis. ”Saya tambahkan air bunga mawar untuk flavor wangi dan simple syrup,” urainya.

Cara pembuatannya seperti mengolah lasagna, tiap satu lapis beri isian, lapisi kembali dengan philo pastry hingga empat layer. Proses pematangannya adalah dengan di-baking pada suhu 180 derajat selama 30 menit,” terangnya.

Adi Satria, vice president of sales, marketing and distributions Accor Hotels untuk Indonesia, Malaysia dan Singapura menjelaskan, program Ramadan tak hanya sajian kuliner. ”Tapi juga kegiatan-kegiatan buka puasa bersama anak yatim, pembagian takjil, sahur bersama, dan banyak lainnya. (nor/JPG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here