Home BISNIS Turis Tiongkok ke Manado, Brunei Pilih Lombok

Turis Tiongkok ke Manado, Brunei Pilih Lombok

0
SHARE

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada April lalu meningkat sekitar 7 persen menjadi 1,14 juta jiwa jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Pada Maret, hanya 1,02 juta wisman yang berkunjung ke Indonesia. Bila dibandingkan dengan April lalu, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia meningkat 26,75 persen. ’’Dari 901,09 ribu kunjungan menjadi 1,14 juta kunjungan,’’ jelas Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto kemarin (2/6).

Secara kumulatif, sejak awal tahun, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia mencapai 4,20 juta turis atau tumbuh lebih dari 19 persen. Pintu masuk wisatawan terbesar adalah Bandara Sam Ratulangi di Manado. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, peningkatannya mencapai 312,82 persen. Penerbangan langsung dari Manado ke sejumlah kota di Tiongkok menjadi faktor utama kenaikan jumlah turis yang datang ke Manado.

Selain Manado, daerah yang menyedot turis adalah Lombok. Peningkatannya mencapai 127 persen karena ada kenaikan frekuensi penerbangan dari Brunei dan Malaysia ke Lombok. Turis asal Tiongkok merupakan yang terbanyak dengan total kunjungan lebih dari 165 ribu jiwa pada April lalu. Disusul wisman asal Singapura dengan 132,96 ribu kunjungan. Selain itu, jumlah kunjungan turis asal Malaysia meningkat 120 persen menjadi lebih dari 120 ribu jiwa. Begitu pun turis asal Australia dan India meski jumlah kunjungannya tidak sebesar dari Tiongkok dan Singapura. ’’Diharapkan, jumlah wisman terus meningkat karena ini akan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi,’’ tutur Suhariyanto. (ken/c14/noe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here