Beranda TANGERANG HUB Dibuka Mulai 8 Juni, Tiap Pos Dijaga 1 Dokter

Dibuka Mulai 8 Juni, Tiap Pos Dijaga 1 Dokter

0
BERBAGI
Suhara Manullang, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel.

SERPONG-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel bakal membuka posko kesehatan pada arus mudik Lebaran. Posko akan tersebar di sejumlah wilayah di Kota Tangsel untuk menangani masalah kesehatan saat arus mudik.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan, posko kesehatan ini diselenggarakan untuk mengendalikan penyakit dan faktor risiko kesehatan masyarakat Tangsel di musim mudik. Posko akan dibuka di lima tempat, yakni di sekitar Pamulang Square, Perempatan Muncul, WTC Serpong, Indika Bintaro dan Fly Over Ciputat.

“Posko akan dibuka pada 8 sampai dengan 23 Juni mendatang. Setiap hari akan ada 30 petugas kesehatan yang kami turunkan di lima lokasi tersebut. Dan dibagi dua shift. Setiap posko juga akan disediakan ambulans,” kata Suhara.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer (Yankesprim) Dinkes Tangsel Adhy Purnawan menambahkan, untuk persiapan arus mudik Dinkes juga telah berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit dan stake holder terkait untuk pendirian 5 posko kesehatan tersebut. Menurtnya, saat arus mudik kerap terjadi kecelakaan yang dikarenakan kendaraan cukup padat.

“Posko kesehatan ini juga bertujuan untuk menurunkan kecelakaan lalu lintas dan penyakit darurat lainnya. Penyakit yang biasa diderita adalah hipertensi dan struk tiba-tiba, karena kecapekan. Makanya kami pastikan akan tetap memberikan pelayanan kesehatan yang penuh bagi masyarakat pada libur mudik nanti,” ujar Adhy.

Lanjutnya, seluruh posko akan dijaga paramedis dan medis. Dimana setiap posko akan ditangani oleh satu dokter, dua perawat dan satu sopir ambulans.

“Jadi dokter akan standby. Posko hanya melayani pertolongan pertama. Jika ada penyakit yang tidak bisa ditangani atau butuh penangan khusus, maka akan dirujuk ke RS rujukan,” tambahnya.

Sementara untuk pelayanan gawat darurat, rawat jalan dan rawat inap tingkat pertama serta rujukan, Dinkes Kota TangseI bekerjasama dengan rumah sakit pemerintah maupun swasta.

“Selain RSU Tangsel, untuk rujukannya kita sudah berkoordinasi dengan rumah sakit swasta yang ada di kota Tangsel. Seperti RS Asshobirin, RS Sari Asih Ciputat, RS IMC Bintaro, RS Medika BSD, RS Omni, Eka Hospital dan RS Premier Bintaro,” jelas Adhy.

Dengan adanya posko kesehatan, ia pun berharap kesehatan masyarakat tetap terjaga. Sehingga bisa menikmati masa liburan lebaran bersama keluarga Tercintanya. “Sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai petugas kesehatan untuk menjaga dan mengantisipasi kesehatan dan keselamatan masyarakat,” tutupnya. (mg-7/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here