Beranda TANGERANG HUB LTUB Pembangkit Patriotisme Siswa

LTUB Pembangkit Patriotisme Siswa

0
BERBAGI
LOMBA: SMK Al Hikmah, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang mengikuti LTUB yang diselenggarakan Disporabudpar Kabupaten Tangerang, Jumat (19/10). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

CURUG – SMK Al Hikmah, Kecamatan Curug, mewakili wilayah dua lomba tata upacara bendera (LTUB) yang diadakan Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Parisiwata (Disporabudpar) Kabupaten Karawang. Sebelumnya, SMK yang memiliki kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Akutansi dan Administrasi Perkantoran, didaulat meraih juara satu untuk wilayah dua yang mewakili Kecamatan Curug, Kelapa Dua dan Panongan.

Koordinator Penilai LTUB Kabupaten Tangerang Wahyu Saputra menuturkan, tujuan digelar LTUB agar para siswa lebih mendalami rasa patriotisme dan kedisplinan saat melakukan upacara bendera.

Wahyu mengatakan, dalam LTUB tersebut ada 15 kriteria penilaian, seperti kerapian peserta upacara, tim pengibar bendera hingga kedisiplinan para peserta.

“Untuk saat ini peserta lomba kita bagi per wilayah, bukan berdasarkan kecamatan. Kegiatan ini kita lakukan setiap tahun, setelah penilaian nanti kita umumkan juaranya pada momentum peringatan hari Sumpah Pemuda,” ungkap Wahyu, Kepada Tangerang Ekspres, Jumat (19/10).

Dengan adanya LTUB terang Wahyu, diharapkan siswa dapat lebih disiplin dan lebih berjiwa pariotisme. Dan keseriusan dalam berupacara biasa terus melekat pada siswa. “Soalnya sejauh ini anak-anak kalau upacara sering bercanda, mudah-mudahan dengan kegiatan ini keseriusan itu terus tertanam pada siswa,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Al Hikmah Asep Ibrahim, menuturkan rasa bangganya terhadap pencapaian yang diraih oleh putra putrinya. Ia pun berterimakasih atas persiapan, perjuangan serta waktu yang diberikan siswa untuk sebuah prestasi yang membanggakan untuk sekolah. Tak lupa kepada Penilik yang telah mendampingi siswa dalam berlatih.

“Semoga ini menjadi awal pengalaman para siswa menjadi seorang juara disebuah ajang bergengsi. Semoga besok mereka bisa merasakan menjadi juara diajang yang lebih besar yaitu Provinsi Banten. Mereka bisa dan mereka pantas untuk menang, saya yakin itu,” tegas Asep, yang juga Ketua Sub Rayon 02 SMK Kabupaten Tangerang.

Kata Asep, dirinya akan mendukung penuh dengan perlombaan ini. Dirinya sudah merapatkan barisan dengan wakasek kesiswaan, pembina OSIS terlebih pembina dan pelatih Paskibra SMK Al Hikmah untuk mempersiapkan perlombaan ini secara matang.

“Jika barisan guru-guru memiliki semangat yang tinggi. Saya yakin anak-anak pasti akan jauh lebih semangat dan melakukan yang terbaik,” kata Asep, seusai penilaian LTUB tingkat Kabupaten Tangerang.

Lebih lanjut Asep memaparkan, dirinya tidak mempermasalahkan menang maupun kalah saat mengikuti lomba LTUB. Namun, jauh lebih penting memberikan pembelajaran kepada siswa tentang tata upacara yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kedepannya, Asep akan memberlakukan upacara yang sesuai aturan. Baik siswa maupun guru harus terbiasa. “Nilai-nilai nasionalisme begitu terasa saat anak-anak kami mengikuti LTUB. Jika kami meraih juara itu hanya sebatas bonus, karena tujuan utama kami ingin menanamkan nasionalisme melalui upacara bendera,” tegas Asep. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here