Home TANGERANG HUB Gedung 3 RSU Ditarget Beres 2020

Gedung 3 RSU Ditarget Beres 2020

2
SHARE
MEGAH: Gedung Satu RSUD Kota Tangsel berdiri megah di kawasan Pamulang, Kota Tangsel. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

PAMULANG-Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangsel tahun ini menargetkan pembangunan gedung tiga RSU Tangsel selesai pengerjaan pancang pondasi. Saat ini prosesnya baru tahap persipan oleh pihak ketiga.

Kepala Bidang Bangunan Non-Perkantoran pada DBPR Kota Tangsel Buana Mahardika mengatakan, saat ini prosesnya sudah mulai dilakukan pekerjaan persiapan. Seperti perataan tanah, pemasangan pagar dan lainnya.

“Setelah proses persiapan, awal Desember pekerjaan pemasangan pancang pondasi mulai dilakukan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (14/11).

Buana menambahkan, pembangunan gedung tiga RSU Tangsel memang molor lantaran pemenang lelang proyek baru diumumkan September lalu. Padahal seharusnya pemenang lelang sudah diperoleh Juli lalu dam pemenangnya PT Mam Energindo.

“30 Oktober kemarin baru tandatangan kontrak oleh pemenang lelang, lalu dikerjaan persiapan pekerjaannnya,” tambahnya.

Masih menurutnya, sampai akhir tahun DBPR berharap pembangunan pancang pondasi selesai dilakukan dan awal 2019 akan dimulai pembangunan struktur atas. Ada dua bangunan yang akan dibangun, yakni gedung yang menempel gedung dua akan dibanguan setinggi 7 lantai dan bangunan empat lantai dengan gedung terpisah.

Untuk gedung yang empat laintai, nantinya akan dipergunakan untuk instalasi gizi, laundry dan instalasi pemeliharaan. Sedangkan untuk gedung 7 lantai, nantinya digunakan untuk IGD, laboratorium, instalasi radiologi, ruang care unit (ICU, HCU, PICU, NICU), ruang bedah, ruang manejemen. “Lantai 5 sampai 7 akan dipakai rawat inap yang jumlahnya mencapai 121 tempat tidur,” jelasnya.

Pria yang suka makan di Warteg tersebut menjelaskan, pembangunan struktur atas diharapkan bisa dilakukan awal 2019 sampai akhir tahun sudah selesai pembangunan struktur atasnya. Selanjutnya, akhir 2019 sampai awal 2020 DBPR akan melakukan pekerjaan elektrikal (lampu, stop kontak dan lainnya) dan mekanik (gas medik, air bersih, Ipal, lift, hidran dan lainnya).

Ketua PPI Kota Tangsel tersebut menuturkan, untuk membangun gedung 3 RSU Tangsel dianggarkan sebesar Rp230 miliar, dengan rincian tahun ini Rp30 miliar untuk pembanguan tiang pancang, 2019 mendapat Rp100 miliar untuk pembangunan struktur atas dan sisanya di 2020.

“Saya berharap April 2020 RSU Tangsel gedung tiga sudah bisa digunakan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan,” tuturnya.
Sedangkan untuk tempat parkir, DBPR akan mengusulkan pembangunan gedung bertingga di belakang RSU.

“Di belakang RSU ini ada tanah milik kas desa dan akan kita usulkan untuk dibangun parkir tapi, sampai 2020 kita tidak akan mengerjaan itu,” ungkapnya. (bud)

2 COMMENTS

  1. Thank you for another magnificent post. The place else
    may just anybody get that type of info in such an ideal means of writing?
    I have a presentation next week, and I’m at the search for such info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here