Home TANGERANG HUB Musim Hujan, Polres Siaga Bencana

Musim Hujan, Polres Siaga Bencana

0
SHARE
SIAGA: Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan didampingi Kepala BPBD Tangsel Chaerudin foto bersama usai apel gelar pasukan tanggap darurat 2018/2019 di Mapolres Tangsel, Kamis (22/11). FOTO: Tri Budi/Tangerang Ekspres

SERPONG-Untuk mengantisipasi bencana yang bisa terjadi selama musim penghujan, Polres Tangsel menggelar koordinasi dengan instansi terkait. Hal tersebut dilakukan dengan mengadakan apel gelar pasukan tanggap darurat musim penghujan 2018/2019 di Mapolres Tangsel, Kamis (22/11).

Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan mengatakan, apel tersebut dalam rangka kesiapan instansi terkait dalam penanggulangi bencana yang bisa saja terjadi dimusim penghujan, baik banjir, longsor, kebakaran dan lainnya. “Kita menginisiasi dengan mengundang instansi lain agar terjalin komunikasi dan koordinasi jika terjadi bencana masing-masing sudah tahu apa yang akan dilakukan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (22/11).

Ferdy menambahkan, instansi yang diundang adalah TNI, Dishub, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Dalam mengantisipasi banjir Polres menyiapkan perahu plus personelnya untuk penanganan awal.
“Titik rawan banjir di Tangsel tidak ada tapi, jika curah hujan tinggi akan terjadi luapan air dan melewati perumahan, begitu hujan selesai airinya akan surut lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Tangsel Chaerudin mengatakan, apel tersebut dilakukan agar bila terjadi hal yang tidak diharapkan terjadi bisa lakukan penanganan sesuai stardar operasional sistem (SOP). “Jadi kita sudah siap menghadapi segala kemungkinan bencana yang bisa terjadi kapan saja,” ujarnya.

Chaerudin menambahkan, BPBD sudang membuat buat mapping lokasi banjir di Tangsel. Selain itu, BPBD telah memiliki 12 kelompok sadar bencana (KSB) yang tersebar di 7 kecamatan dan terutama dititik-titik yang rawan banjir. Satu KSB beranggotakan 100 sampai 200 orang dan handphone mereka 1×24 jam selalu aktif.

“Kalau ada bencana di suatu lokasi mereka akan menyampaikan kejadian itu ke BPBD untuk ditindak lanjuti. Tiap kelompok KSB dilengkapi dengan perahu karet,” tuturnya.

“Di kantor BPBD kita juga menyiagakan perahu karet, mobil dapur umum, tenda pengungsi dan lainnya,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here