Home TANGERANG HUB Maksimalkan KIA, Dukcapil Sambangi TK

Maksimalkan KIA, Dukcapil Sambangi TK

1
SHARE
DAPAT KARTU KIA: Wakil Walikota Benyamin Davnie foto bersama sejumlah anak yang baru saja menerima Kartu KIA di stan Dukcapil dalam pameran pembangunan, pekan lalu. FOTO: Dok. Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel terus melakukan layanan jemput bola dalam pembuatan kartu identitas anak (KIA). Salah satunya dengan mendatangi TK Al Muiz di Pondok Kacang Barat, Pondok Aren, Kamis (29/11).

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, pelayanan KIA di TK Al Muiz melibatkan 9 TK yang ada di sekitar sekolah tersebut. “Ini merupakan program kita untuk mempermudah anak-anak dalam mendapatkan KIA,” ujarnya, kepada Tangerang Ekspres, Kamis (29/11).

Budiawan menambahkan, dalam layanan tersebut ada 289 akan yang dibuatkan KIA. Layanan yang diberikan cukup mudah dan sebelumnya rencana jemput bola itu sudah diinformasikan kepada orang tua siswa agar melengkapi persyaratan yang diperlukan.

Syarat untuk mendapat KIA adalah, menyediakan fotokopi kartu keluarga (KK) yang telah ditandatangani Kepala Disdukcapil, fotokopi akta kelahiran anak, fotokopi kedua orang tua. Juga mengisi formulir, jadi saat layanan jemput bola kita lakukan orang tua siswa tak perlu datang.
“Untuk anak di atas lima tahun kita lakukan foto dan di bawah lima tahun tidak perlu foto,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Tangsel Heru Sudarmanto mengatakan, dalam layanan jemput bola tersebut Disdukcapil menggandeng restoran siap saji Mc Donald.

“Kita sudah menjalin kerja sama dengan Mc Donald, yakni dengan menunjukkan KIA bisa mendapat diskon 10 persen dan apabila beli happy meal atau paket nasi minimal untuk 40 anak dapat gratis Ice Cream,” ujarnya.

Heru menambahkan, layanan jemput bola tersebut merupakan usaha kolektif untuk mempercepat pembuatan KIA bagi anak-anak. Menurutnya, Disdukcapil memiliki target pada 2019 harus mencapai 350 anak yang memiliki KIA. Namun, sampai saat ini baru sekitar 20 ribu anak yang telah memiliki KIA.

Menurutnya, layanan jemput bola pembuatan KIA jarang dilakukan dan tidak seperti pelayanan kependudukan KTP-el, dan lainnya. Untuk mencapai target tersebut, Disdukcapil juga melakukan pencetakan KIA secara kolektif. Yakni, dengan mendatangani sekolah-sekolah, layanan keliling dan datang ke kantor-kantor untuk sosilisasikan program KIA.

Dengan memiliki KIA anak akan mendapat beragam manfaat, seperti dapat disikon 35 persen di KFC berlaku Nasional. Pemegang KIA juga bisa membuka rekeing tabungan anak My Fisrs di Bank BJB dengan KIA anak.

“Juga mendapat diskon di Gramedia sebesar 10 persen, belanja di Toko Buku Gunung Agung dapat diskon 10 persen bagi pemegang KIA,” tuturnya. (bud/esa)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here