Home TANGERANG HUB Musim Hujan, Pohon Rawan Tumbang

Musim Hujan, Pohon Rawan Tumbang

1
SHARE
PANGKAS: Sejumlah pekerja melakukan pemangkasan ranting pohon untuk mengantisipasi pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tangerang, beberapa hari lalu. FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Menjelang musim hujan yang disertai angin kencang, Pemerintah Kota Tangerang harus mewaspadai pohon tumbang. Karena banyak pohon besar yang sering tumbang pada saat hujan disertai angin besar.

Mengantispasi itu, Bidang Pertamanan Disbupar Kota Tangerang melakukan pemangkasan ranting pohon yang rimbun serta pohon yang usianya sudah tua. Terutama pohon  yang berada di pinggir jalan. Jika dibiarkan, khawatir pada saat hujan disertai angin besar pohon tersebut tumbang dan mengenai warga.

Menurut Kepala Bidang Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang Tihar Sopian, seluruh pohon yang tertanam sangat rawan tumbang, karena iklim cuaca tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, pihaknya mengantisipasi potensi pohon tumbang dengan cara menerjunkan tim penebas untuk melakukan kontrol dan juga melakukan pemotongan pada ranting pohon dan juga pohon tua.

“Dalam rangka mengantisipasi, sebelum masuk musim hujan dan angin, kami melakukan penjarahan ranting dan daun baik secara rutin maupun permintaan masyarakat,” ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres,Selasa,(4/12).

Lebih jauh Tihar menambahkan, tim penebas pohon ada 20 petugas yang terbagi dalam tiga regu. Ketiga regu tersebut menyebar di wilayah timur, tengah dan barat Kota Tangerang untuk memelihara pohon-pohon serta melakukan pengawasan untuk antisipasi pohon tumbang selama musim hujan.

“Kita mempunyai 20 tim yang siap merawat serta memantau pohon yang ada di Kota Tangerang. Bahkan tim tersebut bekerja 24 jam, karena memang khawatir jika terjadi hujan mereka bisa langsung bergerak melakukan pengawasan terhadap pohon yang bisa tumbang karena hujan dan angin,”ungkapnya.

Tihar mengatakan, tim penebas juga bekerja di lapangan dengan cara naik ke pohon menggunakan mobil yang dilengkapi mesin hidrolik untuk mengurangi ranting maupun penebangan pohon yang kondisinya dianggap membahayakan.

“Pohon yang berpotensi tumbang itu usianya sudah tua. Maka dari itu kita melakukan pengawasan dan kontrol agar terjegah adanya pohon tumbang,”paparnya.

Tihar mengimbau masyarakat maupun pengguna jalan untuk tidak berteduh di bawah pohon dan billboard pada saat hujan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan jika hujan cari tempat lebih aman, lebih baik menghindar dari pada terjadi apa-apa.

“Lebih baik cari tempat berteduh yang aman. Agar mudah berkoordinasi biasanya masyarakat suka cari tempat yang ramai. Ada juga pengguna jalan saat hujan mereka berteduh di bawah pohon dan itu salah besar karena pohon tidak bisa menjamin diri anda selamat pada saat hujan serta angin besar,”pungkasnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here