Home TANGERANG HUB Arief-Sachrudin Fokus Tiga Program, Benahi Kota dalam 5 Tahun

Arief-Sachrudin Fokus Tiga Program, Benahi Kota dalam 5 Tahun

1
SHARE

SERANG – Lima tahun lagi Kota Tangerang masih dipimpin Arief-Sachrudin. Pada periode kedua, walikota dan wakil walikota terpilih itu punya banyak pekerjaan rumah membenahi kota. Berbagai permasalahan masih memerlukan penanganan serius seperti infrastruktur, banjir, transportasi, pengangguran dan lingkungan.

Arief-Sachrudin mengaku sudah punya program untuk menuntaskan semua itu. Dimana program akan difokuskan pada tiga hal, yakni mengintegrasikan pelayanan masyarakat secara e-goverment atau sistem pemerintahan berbasis elektronik, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan lingkungan serta peningkatan program sarana dan prasarana infrastruktur agar daya saing Kota Tangerang bisa lebih kuat.

Dikatakan Arief, memasuki periode keduanya sebagai walikota Tangerang, dirinya bersama Wakil Walikota Tangerang menjanjikan Kota Tangerang sudah secara penuh menerapkan sistem pelayanan tanpa kertas atau paperless. Untuk itu, dalam upaya mewujudkan visi Kota Tangerang yaitu mewujudkan kota yang sejahtera, berakhlakul karimah dan berdaya saing, ia meminta semua pihak untuk bersama-sama merealisasikannya.

“Saya akan akan menjalankan periode kedua dengan penuh amanah. Saya bersama Pak Sachrudin bisa menjalankan jabatan 2018-2023 dengan sebaik-baiknya. Tentu untuk mewujudkan itu semua perlu modal kebersamaan,” ujarnya.

Dijelaskan Arief, untuk mewujudkan itu dia sudah membagi rencana pembangunan pada tiga kelompok besar. Pertama adalah mengintegrasikan pelayanan masyarakat secara e-goverment atau sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Pertama adalah mengintegrasikan pelayanan masyarakat secara e-goverment. Kita inginnya, targetnya 2020 Kota Tangerang benar-benar paperless,” jelasnya.

Layanan paperless, menurutnya, akan benar-benar diterapkan secara penuh di seluruh tingkatan pelayanan. Seluruh pelayanan nantinya tak lagi membutuhkan kertas tapi cukup melalui aplikasi sehingga dinilai lebih cepat, tepat dan transparan.

“Jadi mulai dari pelayanan masyarakat di tingkat masyarakat di RT/RW, semua sudah secara online sampai ke selesainya urusan administrasi. Kita sudah mengembangkan beberapa tahun ke belakang ini (melalui program) Tangerang Smart City. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Arief, program kedua adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan lingkungan masyarakat. Untuk urusan satu ini, dia akan mengintegrasikannya dengan 19 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Tangerang.

“Programnya adalah Kampung Kita, diikuti oleh beberapa OPD. Misalnya Dinas Budpar (Budaya dan Pariwisata), nanti bikin Kampung Budaya dan Pariwisata. Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) bikin Kampung Pemuda dengan Kampung Olahraga. Mudah-mudahan ini bisa menjawab tantangan masalah sosial yang ada di Kota Tangerang seperti kesenjangan pengangguran,” katanya.

Sedangkan program ketiga peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur agar daya saing Kota Tangerang bisa lebih kuat. Infrastruktur menjadi hal wajib karena Kota Tangerang adalah pintu gerbang Indonesia dengan Bandara Soekarno-Hatta.

“Jadi penataan kemacetan, kebutuhan sarana infrastruktur yang akan kita benahi untuk lima tahun ke depan. Mudah-mudahan dengan kebersamaan, sama-sama bekerja, Allah meridhoi Kota Tangerang menjadi kota yang dibanggakan masyarakat,” ujarnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengaku, memercayai Arief-Sachrudin mampu memimpin Kota Tangerang dengan baik. Sebab, pada periode sebelumnya keduanya sudah menunjukan kapasitasnya.

“Tidak banyak memberi arahan, saya percaya beliau sudah baik. Insya Allah melanjutkan apa yang sudah baik dan menutupi kekurangan,” kata WH.

Melantik Arief yang notabene adalah wakilnya saat WH menjabat sebagai Walikota Tangerang diakuinya merupakan salah satu impiannya. Untuk itu dirinya berharap terjalin kerjasama yang lebih baik antara Pemprov Banten dan Pemkot Tangerang ke depannya.

“Alhamdulillah cita-cita saya untuk melantik Pak Arief terbukti. Mudah-mudahan kita bisa bekerjasama sebagai gubernur dan walikota. Banten sejahtera dan Tangerang sejahtera,” ujarnya.

Banyak Harapan

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang hadir dalam pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang mengharapkan Kota Tangerang bisa lebih gemilang lagi dibawah pimpinan Arief-Sachrudin.

“Saya mengucapkan selamat kepada Walikota dan Wakil Walikota Tangerang yang sudah dilantik. Semoga lima tahun ke depan Kota Tangerang bisa terus berkembang dan maju lagi,”ujarnya.

Zaki menambahkan, Arief bisa melanjutkan pembangunan yang komprehensif, bukan saja di Kota Tangerang tapi juga di perbatasan Kabupaten serta Tangerang Selatan.

“Kota Tangerang sebagai tolok ukur Kabupaten Tangerang, kemajuan Kota Tangerang harus diikuti oleh Kabupaten Tangerang. Maka dari itu pembangunan di Kota Tangerang akan kami ikuti karena kabupaten dan kota adalah satu kesatuan,”paparnya.

Selain Bupati Tangerang, hadir juga mantan Wakil Walikota Tahun 2004 Dedi Syafei yang hadir dan juga memberikan dukungan kepada Walikota dan Wakil Walikota terpilih. Dirinya berpesan agar Arief dan Sachrudin bisa mewujudkan impian masyarakat Kota Tangerang.

“Terpilihnya Arief dan Sachrudin di priode kedua ini menjadi harapan besar Kota Tangerang. Semoga permasalahan dan PR bisa diselesaikan lima tahun ke depan,”ungkapnya.

Lanjut Dedi. terpilihnya Arief dan Sachrudin karena kepercayaan masyarakat. Apa yang dijanjikan dalam visi dan misi harus jadi realisasi publik apalagi saat ini jumlah penduduk di Kota Tangerang sudah banyak. Maka dari itu harus ada yang beda pada periode kedua ini.

“Kepemimpinan mereka harus menunjukan prestasi apa yang diinginkan masyarakat, jadi apa yang telah dituangkan dalam visi dan misi Kota Tangerang harus diwujudkan dalam bentuk nyata. Semoga apa yang dinginkan masyarakat bisa diwujudkan oleh mereka berdua,” pungkasnya. (tb/mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here