Home TANGERANG HUB Sumur Abas Dianggarkan Rp 10 Miliar, Dibangun 504 Titik

Sumur Abas Dianggarkan Rp 10 Miliar, Dibangun 504 Titik

1
SHARE
CEGAH GENANGAN: Walikota Arief R Wismansyah saat mengecek pengebiran sumur Abas di salah satu komplek perumahan warga untuk mencegah genangan saat hujan turun, beberapa waktu lalu. FOTO: Humas Pemkot/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Untuk mengatasi masalah genangan air di Kota Tangerang saat musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang akan membuat Sumur Abas di beberapa titik.

Tahun ini, DPUPR Kota Tangerang membuat sebanyak 504 sumur abas yang akan dibuat di lingkungan serta di jalan-jalan protokol.

Menurut Kabid Sumber Daya Air PUPR Taufik Syahzeni, telah merancang sumur abas untuk mengatasi permasalahan genangan yang terjadi pada saat musim hujan melanda Kota Tangerang. Dirinya juga memastikan, dengan adanya sumur abas permasalahan genangan baik di lingkungan maupun di jalan Protokol bisa diatasi.

“Tahun ini sesuai dengan intruksi Pak Wali, kita akan membangun sumur abas di 504 titik yang sudah kita tentukan. Tidak hanya itu, rencananya akan selesai pada akhir 2019,”ujarnya.

Lanjut Taufik, untuk pembangunan sumur abas tersebut menghabiskan anggaran Rp10 miliar dari ABPD. Selain menghemat anggaran, dua sistem tersebut juga hemat waktu pekerjaan.

“Anggaran tersebut sudah kita masukan dalam perencanaan dimana untuk pembuatan sumur kita perkirakan habis Rp10 miliar untuk 540 titik yang telah kita tentukan,”ungkapnya.

Taufik mengatakan, tidak hanya membuat sumur abas saja, pihaknya juga melakukan normalisasi kali yang ada di Kota Tangerang agar bisa digunakan pada saat musim hujan. Karena memang banyak kali di Kota Tangerang yang sudah dangkal.

“Untuk kali memamng sudah banyak yang dangkal, seperti sekarang ini ada petugas kita yang sedang melakukan normalisasi atau menggali lumpur kali yang berada di jembatan Ahmad Yani agar bisa dilalui air. Bahkan tanah di Kota Tangerang semuanya datar dan itu menyebabkan arus air melambat,”paparnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here