Home TANGERANG HUB Rumah Pintar Berdayakan Warga Lewat Keterampilan

Rumah Pintar Berdayakan Warga Lewat Keterampilan

0
SHARE
BERLATIH: Sejumlah guru dari SDN Cisauk belajar membuat kotak tisu dari kain perca di Rumah Pintar di Jalan Griya Loka Sektor 1.3 BSD City, Rawa Buntu. FOTO: Dwiki Darmawan/Tangeran Ekspres

SERPONG-Rumah Pintar yang berada di Jalan Griya Loka Sektor 1.3 BSD City, Rawa Buntu, Serpong, Tangsel berhasil memberdayakan masyarkat melalui keterampilan tangan yang dilatih di rumah tersebut.

Front Office sekaligus Tutor Komputer Rumah Pintar, Megawati mengatakan, Rumah Pintar ini dibangun untuk menjadi rumah pemberdayaan masyarkat melalui keterampilan, seni dan kebudayaan.

“Disini kami mengajarkan banyak hal mulai dari keterampilan menjahit, membuat hand craft, menari, belajar alat musik, pelatihan komputer sampai membuat kue,” ujarnya, Jumat, (18/1).

Mega menambahkan, pengunjung yang datang untuk belajar tak hanya berasal dari dalam kota namun juga berasal dari luar kota.

“Banyak yang datang untuk belajar keterampilan tak hanya dari Tangsel saja namun juga banyak dari wilayah lain seperti Tangrang, Jakarta, dan yang paling terjauh berasal dari Bogor,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu Megawati menjelaskan, hasil dari kerajinan yang dibuat ibu-ibu atau pengunjung nantinya akan dijual dan hasilnya akan dibagikan kepada mereka.

“Hasil dari kerajinan tangan seperti manik-manik, bantal, tempat tisu dan lain-lain akan diikut sertakan dalam pameran yang biasa digelar di Pemkot Tangsel dan hasil dari penjualan akan diberikan kepada pembuat kerajinan tersebut,” jelasnya.

Rumah pintar sendiri telah memiliki beberapa koperasi di wilayah Kelurahan Rawa Buntu yang menjual hasil kreatifitas dari pengunjung yang ikut belajar dirumah itu.

Rumah yang didirikan 2013 silam dibangun dengan menggunakan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land dan diresmikan oleh Ani Yudhoyono pada tanggal 19 mei 2014.

Rumah Pintar ini sendiri ditujukan untuk sarana pendidikan dan sarana pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan positif. Juga untuk meningkatkan minat baca, menumbuhkan kreatifitas, seni budaya, serta untuk menumbuhkan generasi Indonesia berprestasi. (mg-4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here