Home TANGERANG HUB Tertib Lalu Lintas dengan Cerdas Cermat

Tertib Lalu Lintas dengan Cerdas Cermat

0
SHARE
BERLOMBA: Peserta dari kalangan pelajar se-Kabupaten Tangerang mengikuti lomba cerdas cermat keselamatan berlalu lintas yang diinisiasi oleh Polresta Tangerang di GSG Puspemkab Tangerang, Kamis (24/1). FOTO: Aseo Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Berbagai cara dilakukan Polresta Kota Tangerang untuk mengkampanyekan keselamatan dalam berkendara. Salah satunya dengan menggelar lomba cerdas cermat untuk tingkat SMA se-Kabupaten Tangerang, dengan tema lalu lintas di Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang, di Tigaraksa, Kamis (24/1).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Tengarang, Kompol Ari Satmoko, mengatakan, lomba tersebut masih dalam rangakian Milenial Road Safety Festival. Dimana para generasi milenial merupakan paling rentan mengalami kecelakaan lalu lintas.

Sehingga melatarbelakangi kepolisian memberikan pemahaman kepada para pelajar sebagai pencegahaan kecelakaan berlalu lintas. Salah satunya dengan kegiatan cerdas cermat mengkampanyekan keselamatan dalam berkendara

“Masih dalam rangkaian Milenial Road Safety Festival. Berdasarkan data pada 2018, setiap terjadi terjadi kecelakaan yang memakan korban jiwa di usia-usia 15 sampai 30 tahun paling tinggi. Angkanya sekitar 60 persen dari total yang meninggal dunia,” kata Ari.

Ari mengungkapkan, penanaman nilai keselamatan serta tertib lalu lintas perlu diterapkan kepada para pelajar dengan cara yang bisa diterima langsung oleh mereka.

Untuk materi cerdas cermat, Ari mengaku, pihaknya berkonses kepada materi yang berkaitan dengan tertib berlalulintas. Adapun, peserta berasal dari perwakilan sebanyak tiga orang setiap sekolah. “Kita fokus lalulintas. Saat ini dari masing-masing sekolah mengirimkan peserta tiga orang. dengan jumlah sembilan SMA,” ujarnya.

Sementara untuk dewan juri melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, serta Polresta Tangerang.

Selain para pelajar bisa tertib berlalulintas, juga memahami hak dan kewajiban sebagai pengendara jalan. Untuk hadiah yang diberikan berupa piagam, tropi, serta uang pembinaan.

“Untuk juara satu akan kita lombakan ke tingkat Provinsi Banten yang diselenggarakan oleh Polda Banten pada Selasa depan,” pungkasnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here