Home TANGERANG HUB Sanggar Tari Mustika Ayu Juara Asia

Sanggar Tari Mustika Ayu Juara Asia

1
SHARE
BIKIN BANGGA: Anak didik sanggar tari Mustika Ayu membentangkan bendera merah putih di Festival for Peace di Vietnam, beberapa waktu lalu. Sanggar dari Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh ini menjuarai festival tingkat Asia. FOTO: Sanggar Mustika Ayu for Tangerang Ekspres

TANGERANG- Sanggar Tari Mustika Ayu sudah go international. Sanggar yang bermarkas di Jalan Benteng Betawi, Kelurahan Poris Pelawad, Kecamatan Cipondoh, sudah beberapa kali menjuarai perlombaan tingkat Asia seperti Asia Pasific Arts Festival,  Festival for Peace di Ho Chi Min Vietnam pada 19 Januari lalu.

Mustika Mustafa, selaku pemilik sanggar sekaligus pelatih menyampaikan, dalam festival tingkat Asia tersebut sanggarnya menyajikan tari tradisional yaitu tari Betawi. Festival diikuti lebih dari 15 negara di Asia diantaranya, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Philipina, Thailand, Kamboja dan Singapura. Sanggar Tari Mustika Ayu berhasil mengibarkan bendera merah putih di Negara Vietnam sebagai Overall Grand Champion kategori traditional dance.

“Untuk mengikuti event festival tingkat Asia tersebut kami bersama-sama dengan para siswa sanggar tari melakukan swadaya bersama baik dari mulai pendaftaran, pemberangkatan sampai pulang ke tanah air,” ucapnya.

Kami tertarik mengikuti festival For Peace di Vietnam tersebut berawal adanya niatan ingin memperkenalkan tari tradisional yang dimiliki Bangsa Indonesia ke dunia luar yaitu Asia Pasific. Untuk sanggar tari Mustika Ayu sendiri telah menguasi lebih dari 20 tari tradisional yang ada di Indonesia.

Lebih lanjut Mustika menambahkan, Sanggar Tari Mustika Ayu sendiri saat ini masih relatif muda sekitar 2 tahun. Berdiri pada 19 November 2016 lalu, namun selama dua tahun tersebut telah mengikuti berbagai acara baik lokal sampai Internasional. Untuk lokalnya seperti kegiatan Festival Cisadane yang digelar Pemerintah Kota Tangerang dan acara-acara lainnya.

“Untuk saat ini Sanggar tari Mustika Ayu telah memiliki anak didik tari sekitar 30 orang, kelas tari di bagi menjadi 2 bagian di antaranya, usia 5 sampai 10 tahun tingkatannnya pemula dan lanjutan dan 10 sampai 15 tahun dengan tingkatan pemula dan lanjutan dengan pelatih tari 3 orang.

“Kami berharap untuk kedepannya ada campur tangan Pemerintah Kota Tangerang dalam melakukan pembinaan. Karena bukan saja membawa nama baik sanggar tapi membawa nama baik Bangsa dan Kota Tangerang,” harapnya.

Dijelaskan, untuk tahun 2019 ini di rencanakan  Sanggar Tari Mustika Ayu akan mengikuti acara-acara lain baik lokal maupun internasional.

Sanggar Tari Mustika Ayu mengajarkan tari Daerah seperti tari Bali, Sumatera, Jawa, Jawa barat, Papua, kalimantan,  sulawesi,  maluku dan juga tari modern untuk keperluan pentas. (rls)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here