Home TANGERANG HUB Pemilih Bertambah, Tangsel Kurang 2.720 Kotak Suara

Pemilih Bertambah, Tangsel Kurang 2.720 Kotak Suara

0
SHARE

SERPONG-Logistik untuk pemilu di Kota Tangsel belum terpenuhi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel kekurangan 2.720 kotak suara dan 224 bilik suara untuk Pemilu 2019 mendatang. Kotak suara yang diperlukan adalah 19.095 dan bilik suara 15.276. Namun, sekarang baru tersedia 18.955 kotak suara dan 15.164 bilik suara.

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan, kekurangan tersebut lantaran hasil penambahan dari daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) 2. “Kita sudah mengajukan kekurangan tersebut kepada KPU pusat melalui KPU Provinsi Banten. Namun, belum juga dikirim dan saya berharap bulan ini sudah dikirim,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (19/2). Bambang menambahkan, kotak suara, bilik suara, segel, dan tinta berasal dari KPU pusat. Sedangkan formulir dan sampul dari provinsi. Logistik pemilu yang sudah ada KPU Tangsel adalah kotak suara, bilik suara, kelengkapan TPS. Sedangkan yang belum ada adalah formulir C1, formulir C7 dan surat suara.

Formulir masih menunggu kabar dari provinsi karena pengadaan di provinsi. “Kalau surat suara sudah dijadwalkan 15 Maret gelombang satu untuk pemilihan Presiden, DPR RI, dan DPD. Gelombang dua dilakukan 16 Maret untuk pemilihan DPRD provinsi dan DPRD kota,” tambahnya. Sedangkan untuk tinta dan logistik lainnya sudah cukup. KPU akan mulai mendistribusikan logistik pemilu mulai akhir Maret atau awal April ke PPK baru diteruskan ke PPS.

KPU akan mengepak menjadi satu tiap TPS. Isinya ada surat suara, tinta, perlengkapan TPS dan akan disegel kemudian didistribusikan.

Terkait pelipatan surat suara, KPU Tangsel menggunakan gedung Serbaguna Kecamatan Pondok Aren. Bila surat suara datang 15 Maret, pelipatan akan dilakukan hari berikutnya. “Untuk melipat surat suara kita sudah merekrut 400 orang yang akan bertugas,” jelasnya. Bambang menjelaskan, minggu depan akan diakukan simulasi pelipatan surat suara oleh petugas, sehingga 15 Maret mendatang langsung bekerja. Pelipatan surat suara ditarget selesai dalam 15 hari.

Kotak suara dan bilik suara untuk logistik Pondok Aren dan Serpong Utara, Ciputat dan Ciputat Timur sudah ada di gedung Serbaguna Pondok Aren. Untuk Kecamatan Pamulang, Serpong dan Setu, kotak suara dan bilik suara ada disimpan di gudang logistik Buaran.

“Kita punya dua gudang untuk mempermudah pendistribuasi logistik pemilu ke PPK,” tuturnya. Di Tangsel, pemilu tahun ini terdapat 3.819 TPS dengan jumlah pemilih berdasarkan DPTHP2 ada 948.571. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here