Home PENDIDIKAN SDN Pekayon 2 Kecamatan Sukadiri, Kembangkan Anyaman Rotan

SDN Pekayon 2 Kecamatan Sukadiri, Kembangkan Anyaman Rotan

813
0
SHARE

SUKADIRI – SDN Pekayon 2, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang merupakan sekolah yang dekat dengan daerah wisata Tanjung Kait. Kebaradaan sekolah ini berada di daerah strategis. Lantaran itu, pihak sekolah terus melatih murid-muridnya untuk mengembangkan anyaman baik rotan maupun bambu.

“Ayaman bambu maupun rotan saat ini sudah mulai pudar. Produk tersebut kalah dengan produk berbahan plastik. Karena itu, kami mengembangkannya lagi dengan membina anak didik kami,” ungkap Margio, Kepala SDN Pekayon 2, yang ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dengan keterampilan yang dimiliki anak-anak dalam membuat anyaman bambu. Kegiatan ini secara tidak langsung mengajarkan murid belajar mandiri.

Pembinaan anyaman  di kalangan murid disebutnya intens dilakukan. Apalagi dalam rangka menghadapi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD tingkat Kecamatan Sukadiri yang akan dilaksanakan 27 Ferbuari.

Siswa diberikan jam pelajaran khusus diluar jam pelajaran, sehingga tidak mengganggu pelajarannya. “Pembelajaran itu tidak harus akademik. Pembelajaran anyaman juga sangat penting, keterampilan tersebut bisa menjadi bekal bagi siswa,” tegas Margio.

Sementara itu, salah seorang siswa SDN Pekayon 2, Ridwan, mengaku, awalnya sempat kesulitan saat diajarkan menganyam. Ia sebelumnya, tidak pernah diajarkan menganyam di rumahnya.

Berkat keuletan guru yang mendampinginya, akhirnya Ridwan menjadi terampil. Bahkan Ridwan akan menjadi perwakilan SDN Pekayon 2 pada FLS2N SD tingkat Kecamatan Sukadiri.

“Mudah-mudahan saya bisa menjadi juara FLS2N SD tingkat kecamatan pada cabang seni anyaman. Sekitar satu bulan ini saya diajarkan cara membuat anyaman,” terang Ridwan, yang ditemui saat belajar menganyam.

Lebih lanjut Ridwan memaparkan, meski tidak dibebani menjadi juara, namun Ridwan akan memberikan kemampuan terbaiknya saat mengikuti lomba.

“Kata Pak Kepsek, kalau anyamannya bagus pasti jadi juara. Mudah-mudahan bisa menjadi juara,” ungkap Ridwan. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here