Home HUKUM Bibit Lobster Diselundupkan

Bibit Lobster Diselundupkan

1
SHARE
TERUNGKAP: Kantor Bea Cukai Bandara Soetta menggagalkan penyelundupan 40 ribu bibit lobster yang diekspor melalui Kargo Bandara Soetta, Senin (25/2). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Sebanyak 40 ribu bibit lobster diselendupkan ke sejumlah negara melalui Bandara Soekarno-Hatta. Beruntung penyelundupan itu bisa ditegah petugas Bea dan Cukai Bandara. Penegahan bibit lobster tersebut diperoleh dari informasi pengangkutan barang eskpor melalui kargo pesawat Air Asia.

Dari informasi tersebut, petugas mencurigai dua koper besar. Setelah diawasi koper tersebut dilakukan pengecekan, setelah diperiksa melalui sinar X terlihat ada bibit lobster yang siap ekspor.

“Pengiriman ini sangat terorganisir . Karena kalau kita telat, tentunya sudah terkirim benih lobster ini. Benih ini kita amankan di atas kargo pesawat Air Asia dengan pengemasan yang rapi dan detail,”ujar Kepala Kantor Bea dan Cukai Soetta, Erwin Situmorang, Senin (25/2).

Erwin mengatakan, para pelaku pengiriman lobster dapat mengkondisikan dengan baik mulai dari pengemasannya. Penyelundupan yang biasanya hanya dibungkus plastik kemudian diikat dengan karet, tetapi kali ini terdapat tempat khusus untuk menyimpan benih dan memasukkan oksigen. Sehingga, seketika barang sampai di Singapura tak perlu lagi dilakukan re-oksigen dan bisa langsung dikirim ke Vietnam.

“Sangat rapi sehingga bisa keluar pemeriksaan masuk ke bandara dan masuk ke pesawat. Mereka ini sudah bisa mengkondisikan dengan baik bahkan mereka sudah memikirkan secara teknis,”pungkasnya.

Erwin menambahakan, dalam penegahan tersebut diamankan sekitar 40.309 benih lobster dengan estimasi nilai barang sekitar Rp4 miliar yang diketahui asal pengiriman berada di wilayah Tangerang.

“Sangat besar jumlahnya, ada dua jenis benih lobster salah satunya mutiara yang harganya cukup mahal. Saat ini, kita bekerjasama dengan Bareskrim melakukan penelusuran sindikat dan mendalami kasus ini apakah ada keterlibatan oknum tertentu atau tidak. Kemudian benih ini akan kita lepas di Pangandaran,” paparnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here