Home PENDIDIKAN STTM Muhammadiyah Tangerang Gelar Kontes Robot

STTM Muhammadiyah Tangerang Gelar Kontes Robot

0
SHARE
LOMBA: Panitia lomba robotik STTM Muhammadiyah Science Week 2019, memberikan penjelasan kinerja lomba kepada peserta, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Lomba robotik STTM Muhammadiyah Science Week 2019 diikuti siswa SMA dan SMK se-Kabupaten Tangerang. Meski lomba merakit robot ini pertama kali diselenggarakan STTM Muhammadiyah, namun antusias peserta yang memperebutkan uang pembinaan dan beasiswa begitu tinggi.

Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STTM Muhammadiyah, H Bunyamin, menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan pentingnya pendidikan robotika kepada para pelajar. Pasalnya, seiring perkembangan zaman telah banyak pekerjaan manusia yang digantikan robot.

“Setidaknya para orangtua dan pihak sekolah dapat mendukung anaknya untuk mulai belajar robotika,” tutur H Bunyamin, yang juga Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tangerang.

H Bunyamin mengatakan, banyak manfaat yang dapat diperoleh anak dari mempelajari roboika. “Kegiatan ini untuk pertama kalinya yang dilaksanakan di kampus di Kabupaten Tangerang. Antusiasnya hingga 500 peserta,” ungkapnya.

Rencananya, tahun depan pihaknya akan menggelar lomba Cipta Karya yakni menciptakan produk inovasi berbasis teknologi. Misalnya, inovasi buatan siswa berupa alarm pemadam kebakaran atau alrm peringatan dini sunami, Smart Home, Minatur pengisi botol otomatis, Miniatur Forllift Otomatis, Handdryer Mini, Alarm Kebocoran Gas, Sensor Banjir, dan lainnya.

“Semuanya yang membuat itu adalah anak-anak. Kita akan membantu mewujudkan,” imbuhnya.

MERAKIT: Peserta lomba robotik STTM MUhammadiyah Science Week 2019, saat merakit robot. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

Lebih lanjut H Bunyamin memaparkan, pada kali ini lomba lebih difokuskan kepada kategori maze solving, atau lomba robot mengikuti garis hitam yang sebelumnya diprogram dahulu. Kemampuan peserta dalam merakit dan mengoperasionalkan robot sudah bagus.

Terbukti, dewan juri yang melakukan penilaian cukup kesulitan untuk menentukan penilaian. Mengingat semua peserta memiliki kemampuan yang hebat pada dunia robotik.

Namun akhirnya dewan juri yang terdiri dari dosen STTM Muhammadiyah, memutuskan, juara juara pertama SMAN 24 Kabupaten Tangerang. Juara dua SMK Gema Bangsa Cisoka. Dan juara tiga diraih SMAN 24 Kabupaten Tangerang.

“Peserta yang meraih juara kita berikan uang pembinaan, serta beasiswa kuliah di STTM Muhammadiyah,” tegas H Bunyamin. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here