Home TANGERANG HUB Dua Perempatan Segera Dipasang CCTV

Dua Perempatan Segera Dipasang CCTV

613
1
SHARE

SERPONG-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel dalam waktu dekat akan memasang Closed Circuit Television (CCTV) untuk melengkapi dua Area Traffic Center System (ATCS) di dua lokasi, yakni traffic light (TL) ex bundaran air mancur BSD dan TL Polsek Serpong.

Kepala Dishub Kota Tangsel Sukanta mengatakan, dua lokasi tersebut menjadi prioritas pemasangan ACTS tahun ini. “Tak menutup kemungkinan lokasinya juga masih bisa berubah karena melihat situasi, mana yang lebih padat kendaraannya,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (10/3).

Sukanta menambahkan, ACTS yang akan kita pasang merupakan program bantuan yang diberikan Badan Penyedia Barang dan Jasa Kementerian Perhubungan. Sampai 2021 ada sebanyak 22 ACTS yang akan diterima Dishub Tangsel namun, tahun lalu belum ada yang dipasang dan mulai dipasang tahun ini.

“Tahun lalu Kementerian Perhubungan lebih fokus pada bantuan bus. Di wilayah Tangsel baru ada 5 ACTS, yakni di Bundaran Alam Sutera, German Center, Muncul dan Maruga,” tambahnya.

Untuk ACTS yang dipasang di Bundaran Maruga, Ciputat dipasang menggunakan APBD Tangsel. Di BSD hampir semua TL sudah dilengkapi kamera dan bisa rekam tapi dikelola BSD sendiri.

ACTS berdasarkan hasil monitor, Dishub bisa kendalikan. Kalau antrean panjang maka durasi TL berubah sendiri. “Durasi TL akan berubah sendiri kalau antrean kendaraan panjang namun, asalkan tidak mati lampu. Yang mati ini TL Alam Sutera,” jelasnya.

Masih menurut Sukanta, pemasangan ATCS juga sebagai sarana preventif dan promotif guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sebab, ATCS dilengkapi CCTV yang terhubung dengan ruang kontrol petugas Dishub, untuk kemudian melakukan antisipasi tanpa harus datang langsung ke TKP namun, cukup dengan dikendalikan melalui pengeras suara.

Petugas Dishub akan langsung menegur melalui pengeras suara. Sukanta mencontohkan teguran itu berupa arahan kepada pelanggar lalu lintas.

“Pengendara roda dua yang paling ujung melewati zebra cross. Harap mundur atau langsung berbelok ke kiri karena, mengganggu pengguna jalan yang lain. Pengendara harap melengkapi keamanan berkendara, seperti helm dan lainnya,”ungkapnya.

Pemasangan ATCS itu juga merupakan salah satu target RPJMD utama yang harus selesai pada periode masa kepemimpinan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Oleh sebab itu, sebelum 2021 semua harus selesai sesuai target untuk untuk mengurangi kemacetan.

ATCS tersebut adalah sarana yang bisa difungsikan untuk mengontrol lalu lintas. Setiap titik yang dicover ATCS terdapat kamera pengawas atau CCTV dan pengeras suara. “Dengan perangkat ini kita bisa mengontrol kemacetan dengan suara dari ruang kontrol yang ada di kantor Dishub,” tuturnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here