Home TANGERANG HUB Trotoar Jadi Pembuangan Sampah

Trotoar Jadi Pembuangan Sampah

1
SHARE
JANGAN DITIRU: Salah seorang pengendara membuang bungkusan sampah di trotoar Jalan HOS Cokroaminoto, Kecamatan Karang Tengah, Rabu (13/3). FOTO: Rindo Adi Saputra/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Trotoar seharusnya berfungsi sebagai sarana pejalan kaki. Seolah beralih fungsi, trotoar di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Karang Timur, Kecamatan Karang Tengah, jadi tempat pembuangan sampah.

Gundukan sampah menyebabkan sejumlah pejalan kaki terpaksa harus turun ke jalan. Tak sedikit juga warga yang menutup hidung karena tak tahan akibat bau tak sedap yang dihasilkan dari gundukan sampah tersebut.

Rani (25), warga setempat menyesalkan sikap warga yang membuang sampah di trotoar tersebut. Selain itu, ia juga mempertanyakan Dinas Lingkungan Hidup yang lamban menangani masalah ini.

“Ini sudah lama terjadi, sampah itu menumpuk utamanya pada pukul 15:00 sampai dengan pukul 23:00 WIB. Tingginya bisa sampai 1 meter. baik masyarakat sekitar maupun pemerintah sama-sama tidak peduli terhadap kebersihan. Seperti yang bisa kita lihat sekarang, mereka (pejalan kaki,red) terpaksa harus turun dari tempat yang memang sudah haknya,” ujar Rani.

Hal sama dikatakan Fahrul (31). Ia menyebut gundukan sampah itu sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Padahal menurutnya Kota Tangerang adalah kota yang mendapatkan predikat kota terbersih  tingkat nasional. Kendati demikian masih banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap kebersihan.

“Apalah arti predikat Adipura apabila masyarakat sekitar tidak sadar terhadap persoalan sampah di lingkungannya,” pungkas Fahrul.

Buceu Gartina, Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup yang dikonfirmasi Tangerang Ekspres mengaku sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan di lingkungan tersebut untuk melarang masyarakatnya agar tidak buang sampah di trotoar.

“Kita sudah lakukan koordinasi kepada kecamatan dan kelurahan di lingkungan tersebut untuk memberikan larangan bagi warganya agar tidak membuang sampah di trotoar,” ujar  Buceu.

Kata dia, sejauh ini sudah melakukan pengangkutan sampah 4 kali dalam sehari. “Kita sudah lakukan pengambilan sampah ditempat tersebut 4 kali dalam sehari, tepatnya jam 02:00 pagi, jam 04:00 pagi, jam10:00 pagi, dan jam 04:00 sore,” tambahnya. (mg11)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here