Home TANGERANG HUB Thailand Baru Tiba, Garuda Muda Sudah Panas

Thailand Baru Tiba, Garuda Muda Sudah Panas

1
SHARE
TRAINING: Egy Maulana Fikri (tengah) bersama skuad Timnas Indonesia U-23 saat latihan jelang melawan Thailand.

HANOI-Timnas Indonesia U-23 sudah dua hari di Vietnam. Garuda Muda (julukan timnas) sengaja datang lebih awal untuk adaptasi lapangan dan cuaca di Vietnam. Berbeda dengan calon lawannya, Thailand. Mereka baru tiba di Hanoi, Vietnam kemarin sore. Di laga perdana Grup K, Indonesia bakal bentrok melawan Thailand, Jumat (22/3) sore.

Hari ini adalah batas akhir pendaftaran pemain di ajang kualifikasi Piala AFC U-23. Hanya 23 pemain yang bisa masuk dalam bagian skuad timnas U-23 untuk laga penyisihan Grup K. Tapi, hingga kemarin, Garuda Muda masih memiliki total 24 pemain.  Itu artinya, satu pemain akan terdepak. Kondisi itu jelas membuat pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri harus berpikir keras untuk menentukan siapa pemain yang dipulangkan.

Meski begitu, Indra tampaknya sudah memiliki gambaran soal siapa pemain yang akan terbuang.  Ia juga sudah menyusun tim utama yang bakal di mainkan melawan Thailand.
Hal itu terlihat dalam latihan timnas U-23 di lapangan Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, Vietnam kemarin pagi. Beda dengan latihan perdana (19/3), latihan kemarin lebih serius. Indra juga sudah menerapkan sesi  full game di akhir latihan. Tim dibagi menjadi dua, kemudian saling berhadapan.  Nah, di tim pertama, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar dan Saddil Ramdani dipercaya mengisi lini depan. Sementara lini tengah dihuni Gian Zola, Luthfi Kamal dan Egy Maulana Vikri. Firza Andika, Rachmat Irianto, Andy Setyo dan Asnawi Bahar mengisi pos belakang dengan Awan Setho sebagai penjaga gawang.

Nah, uniknya, di tim kedua, Hanif Sjahbandi yang sejatinya adalah gelandang dijajal sebagai bek tengah. Sementara bek Samuel Christianson menepi di pinggir lapangan dan tak masuk skema. Meski begitu, tak ada kepastian apakah Samuel yang bakal terdepak. Sebab, Indra belum mau buka suara saat ditanya soal itu. “Tunggu besok (hari ini) ya. Tunggu besok saja,” kata pelatih 56 tahun itu. Saat ini, total ada 8 bek yang dibawa ke Vietnam. Jika memang Hanif disiapkan menjadi pemain belakang, maka total bek yang ada akan menjadi 9 pemain. Jumlah yang cukup banyak untuk melakoni tiga laga saja di ajang kualifikasi Grup K.

Samuel merupakan bagian skuad juara Piala AFF U-22 di Kamboja. Dia hanya menjadi starter satu kali di ajang itu, yakni saat bersua Myanmar U-22 di laga perdana (18/2). Selebihnya, posisi bek kiri selalu menjadi milik Firza Andhika. Sejauh ini, sudah ada dua pemain juara di Kamboja yang terdepak, yaitu Todd Rivaldo Ferre dan Billy Kreaf. Tapi, bisa saja malah pemain lain yang terbuang. “Silakan terjemahkan sendiri apa yang ada di latihan tadi,” terang Indra singkat.

Yang jelas, Indra memang memilih fokus untuk mempersiapkan tim jelang laga perdana kontra Thailand (22/3). “Karena pasti semua tim juga melakukan persiapan yang serius,” imbuh pelatih kelahiran 2 Februari 1963, tersebut. Soal kesiapan, winger  Saddil Ramdani juga tak mau kalah. “Kami sudah siap melawan semua tim yang ada di Grup K ini. Tentunya kami bertekad dan berjuang keras demi lolos ke putaran final,” kata mantan pemain Persela Lamongan itu.

Jika timnas U-23 sudah panas, maka berbeda dengan Thailand. Mereka baru tiba di Hanoi kemarin sore. Skuad Gajah Putih juga tidak melakukan latihan sama sekali. Mereka akan langsung melakukan official training di stadion My Dinh, Hanoi, sore nanti. Hal serupa akan dilakoni oleh skuad Brunei Darussalam yang baru tiba di Hanoi kemarin malam. (gus)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here