Home BANTEN Tatu Raih Penghargaan IVL 2019

Tatu Raih Penghargaan IVL 2019

0
SHARE
PENGHARGAAN: Mendagri Tjahjo Kumolo menyerahkan Penghargaan IVL 2019 kepada Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat Silaturahmi Nusantara di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (29/3) malam. FOTO: Pemkab Serang for Banten Ekspres

SERANG-Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meraih penghargaan Indonesia Vision Leader (IVL) 2019 dari Koran Sindo dan Sindonews karena dinilai memiliki visi dan arah program masa depan dalam pembangunan daerah. Penghargaan diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada Silaturahmi Nusantara di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (29/3) malam.

Ketua Dewan Juri IVL, Soni Simarsono mengatakan dalam ajang ini terdapat empat dewan juri yang tidak ada satu pun berasal dari Sindo. Dia pun menjamin proses penilaian dilakukan dengan akuntabel. “Alhamdulillah, Sindo tidak mengintervensi sedikit pun hasil penilaian tim juri,” kata Soni dalam sambutannya dalam siaran pers Pemkab Serang, Minggu (31/3).

Menurut dia, ada beberapa aspek yang menjadi penilaian dewan juri seperti seberapa jauh kepala daerah bisa menghubungkan penjabaran visinya dengan semangat Pancasila. Hal itu bertujuan untuk memperkokoh semangat persatuan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi negara. “Kepala daerah dapat menjabarkan kalimat dalam visi tersebut dalam berbagai program yang telah diperinci,” ujarnya.

Aspek selanjutnya, kata dia, seberapa jauh visi kepala daerah bisa menjadi program kerja secara konkret. Walaupun kepala daerah hanya bekerja lima tahun, namun dampaknya bisa 10 hingga 25 tahun dilihat masyarakat. “Faktor ekonomi, leadership, komunikasi politik yang dilakukan kepala daerah sekalian itu menentukan,” tuturnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan kepala daerah harus punya inovasi, terutama dalam pelayanan publik. Kemudian mampu menciptakan iklim ekonomi yang kondusif. “Sinergi dan konektivitas penting bagi daerah. Sementara upaya pemerintah pusat yakni mengembangkan kerja sama antardaerah serta peningkatan dan inovasi pelayanan publik,” ujarnya.

Ia menilai sejumlah kepala daerah yang mengikuti program IVL sudah mampu menjalankan e-goverment dengan baik. “Kami meminta seluruh daerah terus berinovasi dan bekerja sama dengan pers. Jangan takut kritik. Pembangunan ke depan membutuhkan kepala daerah yang terus berinovasi,” ujarnya.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengaku tertarik mengikuti IVL karena bisa menguji visi misi Pemkab Serang yang saat ini fokus pada peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Dalam pemaparan kepada tim juri, akhir tahun lalu, Tatu menjelaskan program prioritas pembangunan pendidikan , kesehatan, dan daya beli masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur 100 kilometer jalan beton mendapat apresiasi dari tim juri. Selain itu, program pembangunan bidang keagamaan berupa pembangunan Islamic Centre Syech Nawawi Albantani, juga mendapat apresiasi,” ujarnya.

Menurut Tatu, penghargaan bukan tujuan utama Pemkab Serang dalam menjalankan program pembangunan daerah. “Paling penting, penghargaan ini menjadi motivasi bagi kmai untuk terus bekerja dengan baik serta konsisten menjalankan program yang berorientasi jangka panjang,” ujarnya. (tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here