Home TANGERANG HUB UKM Harus Masuk Pasar Digital

UKM Harus Masuk Pasar Digital

1
SHARE
FOTO BERSAMA: Walikota Airin Rachmi Diany foto bersama para pegiat UMKM Kota Tangsel usai acara bimbingan IT di Serpong. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel menggelar Pembinaan TIK kepada UMKM. Acara yang digelar selama tiga hari sejak 22-24 April 2019 ini, dilakukan agar para pegiat UKM melek digital.

Kegiatan yang mengambil tema Membangun Strategi Menguasai Pasar Berbasis Digital Marketing ini dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai bidang UMKM. Acara dihelat di Pranaya Hotel, Serpong.

“Dalam acara ini kita ingin memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para pelaku UMKM Tangsel terkait dengan digital marketing,” ungkap Plt Kepala Dinas Kominfo Tangsel Fuad.

Menurutnya pelatihan ini sudah menjadi Visi Misi dari Pemkot Tangsel yang diamanatkan kepada Dinas Kominfo. Pihaknya bekerjasama dengan Dinkop dan UKM juga Disperindag agar bisa meningkatkan wawsan bagi para pelaku UMKM.

“Saya mencari data, ternyata jumlah UMKM di Tangsel sebesar 97 persen dibandingkan jumlah pengusaha besar yang hanya 3 persen. Ini luar biasa, artinya sebagian besar pelaku usaha dikita adalah UMKM,” jelasnya.

Jumlah UMKM di Tangsel sebesar 23 ribu. Namu yang melek digital hanya 6 persen. Ini tantangan kami dibandingkan dengan negara tetangga kita masih jauh. Padahal saat ini digital sudah tidak bisa dihindari lagi.

Perkembangan TIK telah membawa perubahan yang sangat mendasar terhadap kesecapat penyebaran informasi, sehingga sangat cepat dan mudah untuk diakses masyarakat.

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta mampu untuk meningkatkan pemhaman dan pemanfaatan TIK terutama pemanfaatan dalam pemasaran produk-produk unggulan UKM Tangsel.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa Smart City bagi Kota Tangsel saat ini bukan lagi sebuah pilihan tetapi keharusan. Kota dengan label smart city diharapkan memiliki tingkat perekonomian dan kesejahteraan finansial dengan pertumbuhan ekonomi yang baik dan pendapatan perkapita yang tinggi.

“Jadi pada aspek ini dibutuhkan berbagai inovasi untuk meningkatkan peluang usaha dan dimungkinkan untuk meningkatkan peluang pasar terutama pelaku UKM,” kata Airin.

Dalam rangka menunjang misi peningkatan dan pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis inovasi dan produk unggulan, pemerintah Kota Tangsel melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UKM dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Hal ini merupakan salah satu program smart city Kota Tangsel sebagai langkah nyata pemerintah dalam mendukung pengembangan UKM di Kota Tangsel,” bebernya. (hms)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here