Home TANGERANG HUB Tangsel Lakukan Ram Cek Bus Lebih Awal

Tangsel Lakukan Ram Cek Bus Lebih Awal

86
1
SHARE

SERPONG-Tahun ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel melakukan uji kelayakan kendaraan angkutan lebaran atau bus lebih awal. Minggu lalu atau pada awal puasa ram cek dilakukan.

Kepala Dishub Kota Tangsel Sukanta mengatakan, ram cek bus dilakukan khusus bus di terminal Pondok Cabe dan pool bus yang ada di Tangsel. “Ram cek kita lakukan bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ),” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (14/5). Sukanta menambahkan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kendaraan laik atau tidaknya menjadi angkutan Lebaran. Pasalnya, pengecekan itu wajib karena pada saat menjadi angkutan Lebaran bus tersebut harus dengan kondisi yang siap pakai.

Ram cek dilakukan lebih awal karena Dishub melihat dari volume masyarakat yang akan pulang kampung atau mudik waktunya lebih panjang. “Jadi pemeriksaan bus kita lakukan lebih cepat dari biasanya,” tambahnya. Masih menurutnya, bila ram cek dilakukan mendekati hari H maka waktunya tidak cukup. Ram cek yang dilakukan bersama BPTJ terus dilakukan bertahap sampai H-7 lebaran. Pemeriksaan tersebut meliputi dari segi mesin, rem, asap kendaraan, hingga lampu sen. Sehingga semua bus yang ada di Tangsel khusunya angkutan lebaran harus dilakukan pengecekan.

“Pengecekan ini agar bus kondisinya bagus dan tidak ada kendala pada saat membawa penumpang. Bus yang dinyatakan laiak adalah semua komponen yang berfungsi mulai dari lampu jauh, lampu besar, sen, spion serta ukuran angin dan kelayakan ban menjadi syarat untuk Ram Cek,” jelasnya. Sukanta menuturkan, jika memang tidak sesuai maka tidak boleh dijalankan dan harus diganti karena, Dishub tidak mau warga Tangsel yang menggunakan bus pada saat mudik terjadi sesuatu pada saat dijalan. Untuk itu pengusaha bus wajib mengikuti, kalau tidak maka tidak boleh menjadi angkutan lebaran.

“Hasil ram cek yang kita lakukan kondisi bus laik, kalau ada kekurangan sedikit kita sarankan kepada pengusaha untuk memperbaiki,” ungkapnya. Tak hanya ram cek, Dishub Kota Tangsel juga akan menyiagakan sekitar 80 personelnya untuk disebar ke delapan posko mudik di Tangsel. Personil tersebut akan disebar untuk melakukan pengawasan, pengendalian dan penerbitan angkutan lebaran.

“Intinya selama mudik Lebaran personil Dishub akan siaga 24 jam untuk mengatur lalu lintas, untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik yang akan menuju kampung halaman,” tuturnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here