Home BANTEN Warga Rahayu Bertanggung Jawab pada Kebersihan Halaman

Warga Rahayu Bertanggung Jawab pada Kebersihan Halaman

0
SHARE

ANYAR – Konsep penataan lingkungan belum disepakati oleh warga dan pengurus lingkungan RW 04, Kampung Rahayu, Desa Anyar, Kecamatan Anyar. Namun, warga kampung ini kompak mengikuti anjuran pengurus lingkungan. Warga cukup kompak membersihkan halaman rumah masing-masing.

Anjuran agar warga bertanggung jawab dengan kebersihan halaman rumah masing-masing itu disampaikan oleh Ketua RT 02 RW 04, Kampung Rahayu, Adi Gunawan, Selasa (3/9). Ia mengatakan, sikap warga mengikuti anjuran itu mencerminkan antusiasme warga Rahayu mengikuti Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Alhamdulillah. warga menyambut baik lomba ini. Warga pun siap untuk menata kampung kami agar terlihat lebih rapih dan bersih,” katanya kepada Radar Banten. “Warga juga kami anjurkan untuk menghijaukan halamannya, sehingga lingkungan mereka bisa lebih indah,” lanjut Adi.

Untuk membersihkan kampung skala besar, jelas Adi, pihaknya telah menjadwalkan gotong royong satu kali dalam sepekan. Warga bersama-sama membersihkan sampah di saluran air di Kampung Rahayu.

Dari sisi keamanan, lanjut dia, kampungnya sudah dilengkapi pos ronda dengan fasilitas televisi agar pos ronda tetap ramai. Warga juga kebagian jatah ronda malam, satu kali sepekan sesuai jadwal.

“Di Lomba Kampung Bersih dan Aman, Kampung Rahayu mengandalkan kekompakan warga bersama pemuda untuk menjaga kebersihan dan mempercantik lingkungan. Pemuda juga dilibatkan dalam kegiatan ronda, walaupun masih belum masuk dalam jadwal mingguan,” terang Adi.

Sementara itu, Ketua RW 04, Kampung Rahayu, M Sholeh cukup optimistis dengan kekompakan warganya. Ia mengakui, pengurus lingkungan dan Pemerintah Desa Anyar masih punya pekerjaan rumah (PR) untuk melengkapi Kampung Rahayu dengan bak sampah besar.

“Kami berharap, lomba ini bisa membuat warga lebih kompak lagi dalam menjaga kebersihan, keindahan, dan keamanan lingkungannya,” ujar Sholeh. (rio/ang/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here